Mata Kedutan, Normal atau Tanda Penyakit Serius?

- Selasa, 21 September 2021 | 13:06 WIB
ilustrasi -- Anda pernah mengalami kedutan mata? Terkadang, kedutan mata bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari karena tidak nyaman. Nah, kondisi ini sebetulnya normal atau tidak, sih? (Shutterstock)
ilustrasi -- Anda pernah mengalami kedutan mata? Terkadang, kedutan mata bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari karena tidak nyaman. Nah, kondisi ini sebetulnya normal atau tidak, sih? (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Anda pernah mengalami kedutan mata? Terkadang, kedutan mata bisa mengganggu aktivitas Anda sehari-hari karena tidak nyaman. Nah, kondisi ini sebetulnya normal atau tidak, sih?

Apakah saya harus periksa ke dokter supaya kedutannya berhenti? Untuk menjawabnya, kenali dulu apa saja penyebab umum mata kedutan. Simak penjelasan lebih lengkapnya pada artikel di bawah ini.

Apa saja penyebab mata kedutan?
Dinukil Hellosehat.com, berikut berbagai penyebab mata kedutan.

Baca Juga: Studi: Pria Berisiko Infeksi Covid-19 Parah Meski Sudah Vaksin

1. Orbikularis miokimia
Orbikularis miokomia adalah suatu kondisi di mana terjadi kedutan mata secara konstan dan tiba-tiba.

Umumnya, kedutan hanya terjadi pada salah satu sisi mata dan lebih sering mengenai daerah kelopak mata bawah.

Kedutan tidak akan terlalu terlihat secara nyata oleh orang lain, tapi akan terasa menganggu oleh yang mengalaminya. Kedutan jenis ini tidak berbahaya dan biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Namun, Anda dapat mencoba menarik sedikit kelopak mata yang sedang berkedut tersebut untuk mengurangi gejala kedutan yang dirasakan.

Apabila hal ini sering terjadi, cobalah untuk mengelola stres serta mengurangi konsumsi kopi dan minuman beralkohol karena kedutan jenis ini sering kali diperparah oleh hal-hal tersebut.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Langkah Cerdas Mencegah Diabetes pada Milenial

Jumat, 30 September 2022 | 15:29 WIB

7 Ciri-ciri Asam Lambung Naik yang Jarang Disadari

Selasa, 6 September 2022 | 16:13 WIB
X