Sesak Napas Saat Berbaring? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya Tanpa Obat

- Selasa, 21 September 2021 | 11:28 WIB
Sesak Napas; sesak napas saat berbaring secara tiba-tiba memang sangat mengganggu. Lantas apa penyebab dan cara mengatasi sesak napas tanpa obat? (Pixabay)
Sesak Napas; sesak napas saat berbaring secara tiba-tiba memang sangat mengganggu. Lantas apa penyebab dan cara mengatasi sesak napas tanpa obat? (Pixabay)

sesak napas saat berbaring secara tiba-tiba memang sangat mengganggu. Lantas apa penyebab dan cara mengatasi sesak napas tanpa obat?

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Pernah merasa tiba-tiba sesak napas saat berbaring? Mungkin Anda mengalami orthopnea. orthopnea adalah masalah pernapasan yang bisa terjadi pada siapa saja dan bisa menimbulkan kondisi kesehatan serius. Sebenarnya, apa itu orthopnea ya? Apa yang menjadi penyebab sesak napas saat tiduran ini?

Apa itu orthopnea?
orthopnea adalah suatu gejala kesulitan bernapas yang terjadi ketika seseorang berbaring telentang. Biasanya, ketika berbaring Anda akan susah bernapas hingga batuk dan suara mengi muncul.

Gejala sulit bernapas akan langsung membaik ketika berubah posisi menjadi duduk ataupun berdiri. Kondisi ini dapat menyulitkan seseorang orang untuk terlelap.

Baca Juga: 24 HP Infinix Murah 1 Jutaan Terbaik September 2021

Alhasil, Anda harus tidur dengan posisi duduk atau dapat diatasi dengan meletakan dada dan kepala menjadi lebih tinggi ketika berbaring dengan menambah tumpukan bantal. Meskipun hanya gejala, orthopnea merupakan pertanda penting dari memburuknya penyakit jantung.

Kenapa saya bisa sesak napas saat berbaring?
sesak napas saat berbaring bisa disebabkan karena pembagian kadar cairan di dalam tubuh. Ketika Anda berbaring, cairan di dalam tubuh akan berkumpul di area dada sehingga meningkatkan tekanan pada pembuluh darah paru.

Nah, kondisi ini akan menyebabkan gangguan pada paru ketika bernapas. Jika Anda tidak memiliki riwayat penyakit jantung, biasanya kondisi ini tidak akan menimbulkan masalah apapun. Namun, lain hal bila Anda pernah mengalami serangan jantung atau punya riwayat penyakit jantung.

Penumpukan cairan di area dada akan membuat jantung tidak cukup kuat memompa darah ke seluruh tubuh saat posisi berbaring. Akibatnya, tekanan dalam pembuluh darah paru meningkat dan menyulitkan Anda untuk bernapas.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Efek Buruk Posisi Tidur Miring Kanan dan Tengkurap

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 20:56 WIB

5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bikin Awet Muda!

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 14:22 WIB

6 Manfaat Daun Jelatang, Obat Eksim hingga Rematik

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:51 WIB

3 Minuman Penurun Berat Badan, Bisa Dibuat di Rumah!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:07 WIB

Cara Jaga Kesehatan Otak dengan 6 Kebiasaan Mudah Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:11 WIB

Cara Mengetahui Telur Busuk, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:59 WIB

Tanda Gejala Gagal Jantung, Waspadai Jenis Batuk Ini!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:02 WIB

3 Risiko Olahraga Sebelum Tidur, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:45 WIB
X