Mata Bisa Tunjukan Risiko Demensia, Cek Sekarang!

- Selasa, 21 September 2021 | 07:00 WIB
Ilustrasi -- Demensia; mata bisa tunjukan risiko demensia Anda. Studi mengungkapkan penyakit yang bisa merampas penglihatan Anda seiring bertambahnya usia tampaknya terkait dengan peningkatan risiko demensia. (Piqsels)
Ilustrasi -- Demensia; mata bisa tunjukan risiko demensia Anda. Studi mengungkapkan penyakit yang bisa merampas penglihatan Anda seiring bertambahnya usia tampaknya terkait dengan peningkatan risiko demensia. (Piqsels)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- mata bisa tunjukan risiko demensia Anda. Studi mengungkapkan penyakit yang bisa merampas penglihatan Anda seiring bertambahnya usia tampaknya terkait dengan peningkatan risiko demensia.

Secara khusus, degenerasi makula terkait usia, katarak dan penyakit mata terkait diabetes dikaitkan dengan kemungkinan demensia yang lebih tinggi.

Dilansir dari usnews pada Sabtu (18/9), terdapat satu penyakit mata umum lainnya yaitu glaukoma yang tidak terkait dengan risiko demensia.

Baca Juga: Doa Sebelum Bekerja, Lengkap Ayat Beserta Artinya

Studi baru tidak dapat membuktikan bahwa masalah penglihatan menyebabkan demensia. Risiko demensia meningkat lebih tinggi jika penyakit kronis lainnya ditambahkan.

"Hipertensi yang baru berkembang, diabetes, stroke, penyakit jantung dan depresi yang dimediasi mempengaruhi hubungan antara katarak atau penyakit mata terkait diabetes dan demensia," kata salah satu peneliti sekaligus dokter mata di Akademi Ilmu Kedokteran Guangdong di Guangzhou, Xianwen Shang.

Timnya menerbitkan temuan itu pada 13 September 2021 di British Journal of Ophthalmology. Seorang ahli di Amerika Serikat setuju bahwa temuan itu tidak berarti bahwa masalah mata menyebabkan demensia.

"Mekanisme atau alasan pasti bahwa penyakit mata dapat meningkatkan risiko demensia seseorang tidak sepenuhnya dibahas dalam penelitian ini,” kata Dokter Mata Northwell Health di Great Neck, Matthew Gorski dinukil Republika.co.id.

Baca Juga: Lokasi dan Syarat SIM Keliling Kabupaten Bandung 21 September 2021  

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Jaga Kesehatan Otak dengan 6 Kebiasaan Mudah Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:11 WIB

Cara Mengetahui Telur Busuk, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:59 WIB

Tanda Gejala Gagal Jantung, Waspadai Jenis Batuk Ini!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:02 WIB

3 Risiko Olahraga Sebelum Tidur, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:45 WIB

Cara Hilangkan Lemak Perut, 5 Tips Ini Dijamin Ampuh

Kamis, 21 Oktober 2021 | 09:26 WIB

Daftar Tepung untuk Penderita Diabetes, Semua Enak!

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:58 WIB
X