Manfaat Anak Bawa Bekal ke Sekolah, Bunda Harus Tau!

- Senin, 20 September 2021 | 17:55 WIB
Membawa bekal ke sekolah punya manfaat spesial untuk anak. Bunda semestinya tahu apa saja nilai positifnya untuk si buah hati. (Pixabay)
Membawa bekal ke sekolah punya manfaat spesial untuk anak. Bunda semestinya tahu apa saja nilai positifnya untuk si buah hati. (Pixabay)
Membawa bekal ke sekolah punya manfaat spesial untuk anak. Bunda semestinya tahu apa saja nilai positifnya untuk si buah hati.
 
 
LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Pemerintah Kabupaten Purwakarta sudah sejak lama menggulirkan kebijakan para siswa membawa bekal ke sekolah.
 
Kebijakan ini dikeluarkan agar kesehatan anak terjamin dibanding beli makanan di luar dengan berbagai varian.
 
Sekda Purwakarta, Iyus Permana memperbolehkan anak sekolah bawa makanan dari rumah, agar terjamin menu makanannya selama ada di sekolah. Apalagi aturan ini sudah diterapkan sejak lama.
 
"Sekolah sudah kembali masuk, selain bawa dompet sehat, anak sekolah juga bawa makanan di rumah agar terjamin menu makanannya," ujar dia, Senin 20 September 2021.
 
Membawakan anak bekal sekolah terbukti sebagai kebiasaan baik yang bermanfaat bagi anak.
 
Dikutip di klikdokter.com, berikut manfaat membawa bekal ke sekolah yang perlu bunda tahu :
 
1. Menjamin pemenuhan nutrisi harian anak.
 
2. Lebih banyak varian bekal.
 
3. Lebih murah dan hemat.
 
4. Lebih bersih.
 
5. Anak bisa memaksimalkan waktu istirahat.
 
6. Menjaga anak terhindar dari sumber alergi.
 
7. Menambah energi dan meningkatkan performa anak di sekolah.
 
Hindari Gula Tambahan pada Makanan Anak
 
Komite Penasihat Panduan Diet 2020 memberikan rekomendasi terkait pemberian makan bayi dan balita. Mereka menganjurkan masyarakat untuk menghindari penggunaan gula untuk makanan bayi.

"Hindari makanan dan minuman dengan gula tambahan selama 2 tahun pertama kehidupan," ujar perwakilan komite seperti dilansir laman salah satu media nasional.

Energi dalam produk-produk tersebut kemungkinan akan menggantikan energi dari makanan padat nutrisi sehingga meningkatkan risiko kekurangan gizi. Selain itu, konsumsi minuman manis dikaitkan dengan peningkatan risiko kelebihan berat badan atau obesitas.

Gula yang ditambahkan dalam makanan dan minuman olahan untuk mempermanis berbeda dari gula alami yang merupakan bagian dari sepotong buah atau segelas susu.

"Apel dan jeruk semuanya mengandung gula, tetapi mereka juga menyediakan serat dan nutrisi secara keseluruhan," kata dokter anak dr Steven Abrams sekaligus ketua Komite American Academy of Pediatrics tentang nutrisi.

Air susu ibu mengandung gula, tetapi penuh dengan zat untuk peningkatan kekebalan tubuh, komponen penangkal infeksi, dan merupakan kombinasi sempurna antara lemak, protein, karbohidrat, dan vitamin untuk bayi.

Bagaimana dengan jus buah murni 100 persen? Jus ini tampaknya menawarkan manfaat nutrisi yang sama seperti buah utuh, namun pada kenyataannya tidak. Jus buah, terutama untuk anak-anak di tahun pertama kehidupan adalah sumber gula tanpa banyak manfaat nutrisi. Jadi ini harus selalu dihindari," ujar Abraham.

Antara usia 1 dan 3 tahun, anak-anak sebaiknya minum jus buah 100 persen tidak lebih dari 4 ons.

Komite menemukan hampir 70 persen asupan gula tambahan berasal dari lima kategori makanan yakni minuman manis, makanan penutup dan makanan ringan manis, kopi dan teh (dengan tambahannya), permen dan gula, dan sereal sarapan.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, pada label makanan, gula yang ditambahkan dapat termasuk gula merah, pemanis jagung, sirup jagung, dekstrosa, fruktosa, glukosa, sirup jagung fruktosa tinggi, madu, laktosa, sirup malt, maltosa, molase, gula mentah, dan sukrosa. Orang tua harus menghindari tambahan gula dalam makanan anak karena berkaitan kuat dengan obesitas pada masa kanak-kanak dan kondisi kesehatan kronis pada masa depan.

Penelitian sebelumnya telah menemukan bahwa rata-rata bayi mengonsumsi satu sendok teh gula tambahan sehari. Sementara, balita mengkonsumsi sekitar enam sendok teh sehari.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Mengetahui Telur Busuk, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:59 WIB

Tanda Gejala Gagal Jantung, Waspadai Jenis Batuk Ini!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:02 WIB

3 Risiko Olahraga Sebelum Tidur, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:45 WIB

Cara Hilangkan Lemak Perut, 5 Tips Ini Dijamin Ampuh

Kamis, 21 Oktober 2021 | 09:26 WIB

Daftar Tepung untuk Penderita Diabetes, Semua Enak!

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:58 WIB

Cara Mengatasi Cegukan dengan Mudah, Tak Sulit!

Senin, 18 Oktober 2021 | 09:28 WIB
X