Hadapi Pancaroba, Lakukan 3 Hal Ini Agar Terbebas dari Penyakit

- Senin, 20 September 2021 | 13:38 WIB
BMKG waspada akan potensi bencana pada musim pancaroba saat ini. Pasalnya, musim hujan diprediksi akan datang lebih awal. (Ayobandung.com/Kavin Faza)
BMKG waspada akan potensi bencana pada musim pancaroba saat ini. Pasalnya, musim hujan diprediksi akan datang lebih awal. (Ayobandung.com/Kavin Faza)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Musim pencaroba sering kali dikaitkan dengan musim munculnya berbagai penyakit. Maka itu, diperlukan upaya untuk menjaga tubuh agar tetap dalam kondisi fit.

Kabid Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinas Kesehatan dan Pengandalian Pendudik (DKPP) Kabupaten Tasikmalaya Dadan Hamdani mengatakan, masyarakat perlu waspada datangnya penyakit saat musim pencaroba.

Menerapkan PHBS

Makanya diperlukan langkah-langkah untuk mencegah datangnya penyakit seperti diare dan Ispa yang kerap datang saat peralihan musim. Diantaranya upaya itu menerapkan PHBS dan asupan vitamin.

Baca Juga: 10 HP Murah Kamera Depan Bagus Terbaik 2021, Mulai 1 Jutaan!

Salah satu upaya dalam mencegah penyakit saat pancaroba diantaranya dengan menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) seperti mencuci tangan dengan air dan sabun, menggunakan toilet saat buang air besar atau kecil, menggunakan air bersih, mengkonsumsi makanan sehat dan bersih, asupan makanan gizi seimbang.

Konsumsi Vitamin Alami

Selain itu, mengkonsumsi sumber vitamin alami yang berasal dari buah-buahan, berolahraga secara rutin, membuang sampah pada tempatnya dan mandi 3 kali dalam sehari.

"Pancaroba ini biasanya terjadi penyakit diare, pencegahanya itu dengan menerapkan PHBS. " ucap Dadan melalui sambungan telepon, Senin, 20 September 2021.

Salah satu tujuan utama penerapan PHBS adalah untuk menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan. Dengan membiasakan diri hidup bersih dan sehat, Anda akan terhindar dari berbagai virus, bakteri, jamur, dan parasit penyebab penyakit infeksi yang muncul saat pancaroba.

Baca Juga: Cara Mematikan Centang Biru Laporan Dibaca di WhatsApp

"Kalau untuk asupan vitamin, yang baik itu vitamin alami dari buah-buahan. " kata Dadan.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Sementara itu, dilansir dari suara.com musim pencaroba dibutuhkan tambahan asupan vitamin, terutama vitamin C dan D. Vitamin itu, dibutuhkan untuk menjaga sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Vitamin C dan D bisa didapatkan dari makanan. Vitamin C misalnya bisa didapatkan dari jambu biji, kiwi, jeruk, cabai, paprika, brokoli, bayam.

Sementara vitamin dapat diperoleh dari telur, ikan, susu/bahan makanan yang sudah terfortifikasi dan jamur. Sumber vitamin D juga bisa berasal dari sinar matahari.

Baca Juga: Daftar Shortcut atau Pintasan Keyboard WhatsApp, Chat WhatsApp Jadi Cepat

Dalam pengolahan makanan yang mengandung kedua vitamin ini, disarankan metode kukus untuk menjaga kandungan vitaminnya.

Itulah beberapa hal yang harus kita lakukan di musim pancaroba. Semoga kita semua terhindar dari penyakit ya.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Mengetahui Telur Busuk, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:59 WIB

Tanda Gejala Gagal Jantung, Waspadai Jenis Batuk Ini!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:02 WIB

3 Risiko Olahraga Sebelum Tidur, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:45 WIB

Cara Hilangkan Lemak Perut, 5 Tips Ini Dijamin Ampuh

Kamis, 21 Oktober 2021 | 09:26 WIB

Daftar Tepung untuk Penderita Diabetes, Semua Enak!

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:58 WIB

Cara Mengatasi Cegukan dengan Mudah, Tak Sulit!

Senin, 18 Oktober 2021 | 09:28 WIB
X