Ciri Kolesterol Tinggi: Gejala, Penyebab, hingga Pantangan Makanan

- Senin, 20 September 2021 | 11:13 WIB
ilustrasi makanan kolesterol tinggi; ciri kolesterol tinggi bisa terlihat dari gejala dan penyebabnya. Karenanya, bagi penderita kolesterol tinggi tatut memperhatikan pantangan kolesterol (Freepik)
ilustrasi makanan kolesterol tinggi; ciri kolesterol tinggi bisa terlihat dari gejala dan penyebabnya. Karenanya, bagi penderita kolesterol tinggi tatut memperhatikan pantangan kolesterol (Freepik)

ciri kolesterol tinggi bisa terlihat dari gejala dan penyebabnya. Karenanya, bagi penderita kolesterol tinggi tatut memperhatikan pantangan kolesterol

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- kolesterol sering kali dianggap sebagai hal yang buruk. Padahal, kolesterol dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang cukup. Kolesterol mungkin menjadi suatu kondisi yang tidak baik untuk kesehatan jika jumlahnya berlebih di dalam tubuh. Jadi, bagaimana kolesterol tinggi bisa terjadi dan seperti apa ciri kolesterol tinggi

Kolesterol tinggi, saat kadar kolesterol berlebihan di dalam darah
Kolesterol adalah zat lunak yang terdapat pada lemak di dalam darah. Zat ini umumnya diproduksi oleh liver secara alami. Kolesterol tergolong penting untuk pembentukan membran sel, hormon-hormon tertentu, serta vitamin D. Mengingat kolesterol tidak dapat larut di dalam air, zat ini tidak bisa menyebar di dalam darah dengan sendirinya.

Untuk menyebarkan kolesterol di dalam darah, dibutuhkan bantuan lipoprotein. Lipoprotein adalah partikel yang terbuat dari lemak dan protein. Lipoprotein membawa kolesterol dan lipid lainnya, yaitu trigliserida, menuju ke aliran darah.

Baca Juga: HP Samsung Terbaru Baterai Jumbo Terbaik 2021, Mulai 1 Jutaan!

Lipoprotein terbagi atas dua, yaitu low density lipoprotein (LDL) dan high-density lipoprotein (HDL). LDL sering disebut kolesterol jahat karena kolesterol ini menyebarkan kolesterol ke seluruh tubuh. Sedangkan HDL dianggap sebagai kolesterol baik karena membantu menghilangkan kadar kolesterol jahat dari aliran darah.

Oleh sebab itu, kolesterol tinggi adalah kondisi di mana kadar kolesterol LDL tergolong tinggi di dalam darah, sementara kadar HDL justru menurun. Jika kadar kolesterol Anda tinggi, Anda mungkin semakin berisiko mengalami penyakit jantung atau stroke.

Akan tetapi, jika kolesterol Anda tergolong tinggi karena kadar kolesterol HDL yang tinggi, Anda mungkin tidak sedang dalam kondisi yang berbahaya. Kondisi ini bisa disembuhkan dengan cara menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Sementara itu, kadar trigliserida di dalam darah juga harus diperhatikan. Pasalnya, seiring dengan kolesterol, trigliserida juga dapat memengaruhi kesehatan jantung Anda. Jika kadar trigliserida dan kolesterol jahat sama tingginya di dalam darah, Anda berarti mengalami hiperlipidemia.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Khasiat Minyak Zaitun untuk Wajah, Bikin Awet Muda!

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 14:22 WIB

6 Manfaat Daun Jelatang, Obat Eksim hingga Rematik

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:51 WIB

3 Minuman Penurun Berat Badan, Bisa Dibuat di Rumah!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:07 WIB

Cara Jaga Kesehatan Otak dengan 6 Kebiasaan Mudah Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:11 WIB

Cara Mengetahui Telur Busuk, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:59 WIB

Tanda Gejala Gagal Jantung, Waspadai Jenis Batuk Ini!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:02 WIB

3 Risiko Olahraga Sebelum Tidur, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:45 WIB

Cara Hilangkan Lemak Perut, 5 Tips Ini Dijamin Ampuh

Kamis, 21 Oktober 2021 | 09:26 WIB
X