5 Rekomendasi Jajanan Khas Bandung yang Wajib Kamu Coba

- Minggu, 19 September 2021 | 16:27 WIB
Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)
Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Jika kita mendengar Kota Bandung, kuliner menjadi ciri khas dari ibu kota Provinsi Jawa Barat ini. Bukan hanya beragam, cita rasa makanan yang menggugah selera membuat banyak wisatawan lokal dan asing jatuh cinta dengan kuliner khas Bandung.

Meski begitu, banyak kuliner khas Bandung yang wajib dicoba ketika berkunjung ke sini. Berikut Ayobandung.com rangkum 5 kuliner khas Bandung berikut tempat dan harganya yang bisa menjadi rekomendasi kulineran Anda!

Baca Juga: Penerapan Ganjil Genap di Puncak, Pelaku Wisata harus Turut Andil

1. Mie Kocok Bandung

Menu mie kocok di Kedai Mie Kocong Mang Derbi, Jalan Raya Cinunuk, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung. (Ayobandung.com/Iis Muslimah/magang)

Mie Kocok terkenal menjadi salah satu makanan khas kota Bandung, salah satu pelopornya yaitu Mie Kocok Mang Dadeng. Banyak Wisatawan menjadi 'korban' sajian Mie yang nikmat ini sehingga kurang pas jika berkunjung ke Bandung tanpa mencicipi Mie Kocok Mang Dadeng.

Bukan hal yang mengejutkan karena kabarnya ada bumbu spesial, yang terdiri dari 27 macam bumbu rempah yang menjadikan rasa mie kocok Mang Dadeng begitu ngehits di kalangan pecinta kuliner tradisional.

Dalam kuah kaldu yang gurih, terdapat campuran seperti mie kuning gepeng, potongan kikil dan sum sum, serta daun seledri dan bawang goreng untuk menambah rasa. Mie Kocok Mang Dadeng yang beralamat di Jalan Kyai Haji Ahmad Dahlan No. 67, Turangga, Lengkong, Kota Bandung ini menyajikan hidangan dengan harga mulai dari 23,000 Rupiah per porsi.

2. Seblak

Seblak Sultan. (Instagram/@seblaksultan)

Belum ke Bandung jika kamu belum mencoba makan seblak. Makanan khas Bandung yang terbuat dari kerupuk basah ini memiliki rasa yang khas karena dibuat dari bumbu rempah dan memiliki isian yang mengenyangkan seperti sayur, daging dan telur.

Baca Juga: Mulai Besok, Polisi Bakal Gelar Operasi Patuh 2021

Ada beberapa tempat untuk mencicipi seblak, namun salah satu yang layak direkomendasikan adalah Seblak Jebred yang memiliki tambahan ceker di isiannya, plus tahu krispi, sosis dan kikil. Bagi kalian yang cinta akan rasa pedas, kalian bisa atur tingkat kepedasannya.

Gerai Seblak Jebred bisa anda temui di Jalan Buah Batu No.163. Harga yang ditawarkan pun ramah di kantong, Mulai dari 12,000 Rupiah per porsi, sementara toppingnya dihargai mulai dari 3,000 hingga 4,000 Rupiah tergantung topping yang dipilih.

3. Surabi

Ilustrasi -- Surabi (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

Surabi menjadi salah satu camilan paling populer di Bandung. Beragam rasa, topping dan tampilan yang imut menjadi alasan mengapa jajanan tradisional ini banyak diburu para pendatang dan kaum urban Bandung.

Salah satu pioner surabi di Bandung adalah Surabi Cihapit, yang berdiri sejak 1991. Menu yang paling terkenal adalah surabi oncom, namun varian lain juga layak untuk dicoba. Anda bisa datang ke Jalan Cihapit untuk mencicipi langsung nikmatnya sajian tradisional ini dengan harga mulai dari 2,000 per biji.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

3 Resep Kreasi Tahu Susu Lembang, Mudah dan Nikmat

Selasa, 12 Oktober 2021 | 13:41 WIB

Resep dan Cara Membuat Kulit Lumpia Basah atau Kering

Senin, 11 Oktober 2021 | 11:22 WIB

6 Tempat Nongkrong Instagramable di Bandung

Minggu, 10 Oktober 2021 | 10:00 WIB

5 Bakso Enak di Bandung, Cocok untuk Makan Siang

Kamis, 23 September 2021 | 11:20 WIB

5 Rekomendasi Jajanan Khas Bandung yang Wajib Kamu Coba

Minggu, 19 September 2021 | 16:27 WIB

Rekomendasi 15 Kuliner Enak dan Populer di Bandung

Sabtu, 18 September 2021 | 11:09 WIB

Cara Membuat Somay, Resep Siomay Tanpa Ikan untuk Dijual

Selasa, 14 September 2021 | 12:18 WIB
X