Turunkan Berat Badan dengan Teknik Tidur Ini, Tak Perlu Tahan Lapar!

- Jumat, 17 September 2021 | 13:43 WIB
ilustrasi -- turunkan berat badan bisa dilakukan dengan teknik bernapas lewat mulut selama tidur, tak perlu tahan lapar! (Freepik)
ilustrasi -- turunkan berat badan bisa dilakukan dengan teknik bernapas lewat mulut selama tidur, tak perlu tahan lapar! (Freepik)

turunkan berat badan bisa dilakukan dengan teknik bernapas lewat mulut selama tidur, tak perlu tahan lapar!

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- bernapas lewat mulut selama tidur bisa menyebabkan masalah kesehatan dan menghambat penurunan berat badan. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk bernapas dengan hidung ketimbang mulut saat tidur.

Melansir dari India Express, pernapasan hidung sangat penting tidak hanya untuk kesehatan Anda secara keseluruhan, tetapi juga untuk membantu penurunan berat badan.

"Sistem saraf otonom kita memiliki dua cabang utama, simpatik dan parasimpatis. Cabang simpatik bertanggung jawab atas respons 'lawan atau lari' kita, sedangkan cabang parasimpatis bertanggung jawab atas respons 'istirahat dan cerna'. Pada dasarnya cabang simpatis membuat Anda bersemangat dan siap untuk bergerak, dan cabang parasimpatis mengerem dan mendinginkan tubuh Anda," kata Ahli gizi Pooja Makhija.

Baca Juga: Daftar 5 HP NFC Murah RAM 4GB 1 Jutaan Terbaru 2021

"Pernapasan mulut membuat tubuh Anda condong ke keadaan simpatik, sedangkan pernapasan hidung mengaktifkan respons parasimpatis. Jika tubuh terjebak dalam keadaan ini karena stres kronis dan disfungsi pernapasan, itu tidak akan secara efektif membangun kembali jaringan dari semua olahraga yang Anda lakukan," imbuhnya.

Makhija berkata bahwa sebagian besar proses pemulihan ini terjadi saat Anda tidur, sangat penting untuk bernapas dengan cara yang mengubah keadaan sistem saraf Anda ke mode 'istirahat dan cerna'. "Inilah sebabnya mengapa pernapasan hidung sangat penting untuk menurunkan berat badan," ujar Makhija dinukil Himedik.com.

Baca Juga: JADWAL PENCAIRAN BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 4, Ini Cara Cek Nama Penerima

Makhija lebih lanjut menyarankan cara untuk meningkatkan pernapasan hidung.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sesak Napas Setelah Sembuh Covid-19, Apa Penyebabnya?

Kamis, 14 Oktober 2021 | 21:30 WIB

Waspada, Pilek Menahun Bisa Jadi Tanda 3 Penyakit Ini

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:31 WIB
X