5 Manfaat Bernyanyi untuk Kesehatan Ini

- Jumat, 17 September 2021 | 10:51 WIB
Ilustrasi bernyanyi;  Banyak orang mungkin memiliki kebiasaan bernyanyi atau tiba-tiba menyenandungkan lagu ketika sedang sendiri. Ternyata, kebiasaan bernyanyi sendirian ini memiliki dampak yang positif bagi kesehatan. (Pixabay)
Ilustrasi bernyanyi; Banyak orang mungkin memiliki kebiasaan bernyanyi atau tiba-tiba menyenandungkan lagu ketika sedang sendiri. Ternyata, kebiasaan bernyanyi sendirian ini memiliki dampak yang positif bagi kesehatan. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Banyak orang mungkin memiliki kebiasaan bernyanyi atau tiba-tiba menyenandungkan lagu ketika sedang sendiri. Ternyata, kebiasaan bernyanyi sendirian ini memiliki dampak yang positif bagi kesehatan.

Bukti ilmiah yang dikutip dari Healthline menyebut bahwa menyanyi dapat menyehatkan tubuh serta pikiran. Bila Anda suka menyanyi sendirian di rumah, ini ada lima manfaatnya yang bagus untuk kesehatan Anda.

1. Mampu meredakan stres
Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2017, menyebut bernyanyi dapat meredakan stres. Baik itu bernyanyi sendirian maupun secara berkelompok.

Baca Juga: Pendaftaran Prakerja Gelombang 21 Dibuka, Ada Pengumuman untuk Gelombang 18

Tak hanya itu, survei yang dilakukan lewat air liur peserta sebelum dan sesudah bernyanyi, menemukan adanya jumlah kortisol yang rendah. Di mana ini terbukti dapat meredakan stres.

2. Merangsang respon imun
Beberapa bukti menyebut bernyanyi dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang berfungsi melawan serta melindungi dari berbagai macam penyakit. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2004 coba membandingkan efek bernyanyi dengan efek mendengarkan musik.

Keduanya dilakukan secara terpisah, di mana temuannya mengungkap bernyanyi menunjukkan tingkat immunoglobulin A yang tinggi. Sedangkan mendengarkan musik dapat mengurangi hormon stres, namun tidak merangsang sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 5 HP RAM 8 GB Murah Terbaik 2021, Ada Vivo hingga Samsung!

3. Mengembangkan hubungan
Saat Anda bernyanyi dengan orang lain, kemungkinan besar Anda akan mengembangkan hubungan persahabatan.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sesak Napas Setelah Sembuh Covid-19, Apa Penyebabnya?

Kamis, 14 Oktober 2021 | 21:30 WIB

Waspada, Pilek Menahun Bisa Jadi Tanda 3 Penyakit Ini

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:31 WIB
X