Rahasia Omzet UMKM Makanan dan Minuman di Bandung Naik Hingga 70 Persen

- Kamis, 16 September 2021 | 23:04 WIB
Selama pandemi, 60 persen penjualan Dendeng Kukuruyuk berasal dari Tokopedia. Setelah dua bulan mengikuti kampanye Tokopedia Nyam, masyarakat dari Aceh hingga Papua dapat dengan mudah menemukan produk Dendeng Kukuruyuk. (Instagram/Dendeng Kukuruyuk)
Selama pandemi, 60 persen penjualan Dendeng Kukuruyuk berasal dari Tokopedia. Setelah dua bulan mengikuti kampanye Tokopedia Nyam, masyarakat dari Aceh hingga Papua dapat dengan mudah menemukan produk Dendeng Kukuruyuk. (Instagram/Dendeng Kukuruyuk)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Omzet dari Usaha, Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), untuk kategori makanan dan minuman, selama pandemi ini memang cukup mengkhawatirkan.

Selain karena daya beli masyarakat yang menurun, sejumlah aturan juga memaksa banyak pengusaha UMKM tak bisa leluasa berjualan, seperti kebijakan soal makanan di tempat dan lian sebagainya.

Sebab kondisi itulah, diperlukan inovasi cerdas untuk membangkitkan lagi gairah UMKM.

Salah satu contoh inovasinya, seperti yang dilakukan Tokopedia. Mereka terus menggencarkan inisiatif hyperlocal demi mempermudah masyarakat menemukan berbagai produk kebutuhan dari penjual terdekat hingga menciptakan peluang dari berbagai daerah.

Salah satu wujud inisiatif ini adalah kolaborasi dengan pegiat UMKM Bandung di kategori makanan dan minuman melalui kampanye Tokopedia Nyam Bandung.

“Kehadiran Tokopedia Nyam telah mendorong kenaikan drastis pada transaksi kategori makanan dan minuman terutama di tengah pandemi. Madu, batagor kuah, pisang bolen serta camilan khas Bandung seperti seblak menjadi beberapa produk di Tokopedia Nyam Bandung paling diburu masyarakat,” ungkap Head of Category Development Tokopedia, Pranidhana Mahardhika, mengatakan.

Kylafood dan Dendeng Kukuruyuk adalah contoh UMKM Bandung di kategori makanan dan minuman Tokopedia, yang terus beradaptasi di tengah pandemi lewat pemanfaatan teknologi, salah satunya dengan bergabung dalam kampanye Tokopedia Nyam Bandung.

Dendeng Kukuruyuk, Bawa Cita Rasa Internasional ke Pasar Lokal

Berawal dari keinginan untuk membuktikan kelezatan dendeng buatan sang ibunda yang berbeda dengan dendeng lain pada umumnya, Novi, Pemilik Usaha Dendeng Kukuruyuk menjadikan resep dendeng keluarga sebagai peluang usaha yang dapat dinikmati oleh semua kalangan. 

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Menu Sahur yang Simple dan Enak, Anti Ribet

Selasa, 12 April 2022 | 08:38 WIB

Ciwang, Jajanan yang Hanya Ada di Bulan Puasa

Jumat, 8 April 2022 | 21:00 WIB
X