5 Obat Luka Bakar agar cepat Kering, Jangan Pakai Pasta Gigi!

- Kamis, 16 September 2021 | 14:33 WIB
ilustrasi obat luka bakar; Obat luka bakar agar cepat kering bisa digunakan saat mengalami luka karena benda panas, seperti api, knalpot, setrika,hingga air panas. (Shutterstock)
ilustrasi obat luka bakar; Obat luka bakar agar cepat kering bisa digunakan saat mengalami luka karena benda panas, seperti api, knalpot, setrika,hingga air panas. (Shutterstock)

obat luka bakar dicari saat mengalami luka karena benda panas, seperti api, knalpot, setrika, hingga air panas.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Banyak obat luka bakar agar cepat kering yang digunakan saat mengalami luka karena benda panas, seperti api, knalpot, setrika, hingga air panas. Namuan, tak jarang pasta gigi alias odol dijadikan obat luka bakar karena sensasi dinginnya dianggap bisa meredakan panas.

Padahal tak seharusnya begitu. Mengoleskan pasta gigi justru bakal memperparah luka bakar. Alasannya, mint dan kalsium pada odol akan berisiko membuat area infeksi makin luas dan membahayakan jaringan kulit.

Sama dengan odol, karena dingin, es batu dikira cocok untuk menangani luka bakar, padahal meletakkan es di atas luka bakar bisa berakibat radang dingin dan kerusakan pada kulit.

Baca Juga: Bocoran Penerima Bansos PKH September 2021, Dapat Jutaan Rupiah!

Kondisi itu disebabkan oleh terhentinya peredaran darah akibat suhu yang sangat dingin dari es batu, yakni 0 sampai -4 derajat celsius.

Beberapa orang beranggapan pula bahwa mentega merupakan solusi untuk mengatasi luka bakar. namun sama seperti odol dan es batu, cara ini juga salah.

Jika diolesi mentega, sirkulasi udara pada kulit yang terluka jadi terhalang, sehingga kulit menjadi lembap dan lantas rentan terinfeksi bakteri.

Untuk itu, supaya tak makin parah gunakan obat luka bakar secara tepat di bawah ini:

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sesak Napas Setelah Sembuh Covid-19, Apa Penyebabnya?

Kamis, 14 Oktober 2021 | 21:30 WIB

Waspada, Pilek Menahun Bisa Jadi Tanda 3 Penyakit Ini

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:31 WIB
X