Kasus Melandai, Pandemi Covid-19 Segera Berakhir? Ini Kata Epidemiolog

- Kamis, 16 September 2021 | 13:55 WIB
[Ilustrasi] Covid-19 melandai, benarkah pandemi akan segera berakhir? Namun ahli epidemiologi memberikan peringatan lain termasuk banyak wabah baru. (Freepik)
[Ilustrasi] Covid-19 melandai, benarkah pandemi akan segera berakhir? Namun ahli epidemiologi memberikan peringatan lain termasuk banyak wabah baru. (Freepik)

Covid-19 melandai, benarkah pandemi akan segera berakhir?

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kasus Covid-19 yang melandai membuat banyak orang berharap pandemi segera berakhir. Namun ahli epidemiologi memberikan peringatan lain.

Melansir dari Healthshots, ahli epidemiologi mengatakan bahwa kita harus bersiap menghadapi lebih banyak wabah baru, lebih banyak gelombang penyakit menular, dan semua gangguan medis lainnya.

"Dengan mudah akan ada lonjakan lain dalam penyakit virus corona di musim gugur dan musim dingin, karena lonjakan yang berkelanjutan menghantam populasi yang rentan di seluruh dunia," ujar Michael Osterholm, direktur Pusat Penelitian dan Kebijakan Penyakit Menular di University of Minnesota di Minneapolis

Baca Juga: Bocoran Penerima Bansos PKH September 2021, Dapat Jutaan Rupiah!

"Saya melihat lonjakan terus terjadi di seluruh dunia, lemudian akan turun, berpotensi agak drastis. Dan kemudian saya pikir kita dapat dengan mudah melihat lonjakan lain di musim gugur dan musim dingin tahun ini,” imbuhnya.

Dinukil Suara.com, hampir semua ahli sepakat pada titik ini bahwa akhir Covid-19 tidak terlihat dalam waktu dekat, setidaknya tidak untuk enam hingga delapan bulan ke depan. Sebelum pandemi berakhir, setiap orang di dunia akan terinfeksi oleh virus setidaknya satu kali dengan orang yang harus menghadapinya lebih dari satu kali.

Tantangan utama dalam perlombaan melawan Covid-19 dulunya adalah menemukan vaksin yang efektif melawan penyakit tersebut. Tantangannya kini diperkirakan telah bergeser ke yakni dengan memvaksinasi populasi global, dan memastikan perlindungan tetap ada untuk jangka waktu yang berkelanjutan.

Baca Juga: JADWAL PENCAIRAN BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 4, Ini Cara Cek Nama Penerima

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sesak Napas Setelah Sembuh Covid-19, Apa Penyebabnya?

Kamis, 14 Oktober 2021 | 21:30 WIB

Waspada, Pilek Menahun Bisa Jadi Tanda 3 Penyakit Ini

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:31 WIB
X