3 Tanda Intoleransi Laktosa dan Cara Mengobatinya

- Kamis, 16 September 2021 | 07:18 WIB
Ilustrasi susu. (Pixabay/Couleur)
Ilustrasi susu. (Pixabay/Couleur)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Intoleransi laktosa adalah kondisi di mana seseorang tidak mampu mencerna sepenuhnya laktosa dari susu. Hal ini umumnya disebabkan oleh defisiensi enzim bernama laktase.

Dilansir dari Republika.co.id, intoleransi laktosa bisa memunculkan gejala yang berbeda pada tiap orang. Gejala juga bisa berfluktuasi, bergantung pada jenis makanan yang dikonsumsi dan seberapa banyak kandungan laktosa di dalamnya.

Baca Juga: Amalan dan Doa agar Lepas dari Cengkraman Utang

Ahli gastroenterologi Rabia A De Latour MD dari NYU Langone Health mengatakan ada tiga gejala umum yang dapat menjadi pertanda bahwa seseorang mungkin mengalami intoleransi laktosa. Berikut ini adalah gejala tersebut, seperti dilansir LiveStrong, Kamis, 16 September 2021.

Mual, Kram Perut, dan Kembung

Ketika tubuh tak bisa mencerna laktosa, laktosa akan berakhir di usus di mana koloni bakteri bisa memecahnya. Proses ini akan melepaskan gas sehingga memunculkan gejala kembung, kram, dan nyeri di perut. Kembung dan distensi yang terjadi dapat memicu mual dan muntah.

Sembelit

Konstipasi atau sembelit merupakan gejala yang cukup jarang pada intoleransi laktosa. Meski jarang, kondisi ini tetap bisa terjadi.

Ketika bakteri usus memecah laktosa yang tak tercerna, bakteri akan memproduksi gas metana. Kondisi ini dapat memperlambat pergerakan usus. Usus yang melambat dapat memungkinkan kolon mengekstraksi lebih banyak air dari kotoran lalu menyebabkan sembelit.

Diare

Feses yang cair atau diare setelah mengonsumsi produk susu dapat menjadi tanda intoleransi laktosa. Kondisi ini bisa terjadi karena tubuh kekurangan enzim laktase sehingga laktosa dari produk susu yang dikonsumsi tak dapat dipecah. Akibatnya, laktosa yang tak tercerna di dalam usus ini akan menarik air ke usus dan menyebabkan diare.

Baca Juga: Lakukan Hal Ini untuk Antisipasi Bencana Saat Hujan Lebat

Hal yang Perlu Dilakukan

Bila mengalami gejala tersebut setelah mengonsumsi produk susu dan curiga mengalami intoleransi laktosa, coba periksakan diri ke dokter. Dokter akan melakukan sejumlah tes untuk menegakkan diagnosis. Beberapa tes yang bisa dilakukan adalah tes napas hidrogen dan tes darah.

Pengobatan

Intoleransi laktosa memang tak bisa disembuhkan. Akan tetapi, gejala intoleransi laktosa dapat dikelola dan bahkan dihindari dengan mengontrol pola makan dan memantau asupan laktosa.

Salah satu kiat yang dapat dilakukan adalah bereksperimen dengan beragam produk susu. Cara ini bermanfaat untuk mengetahui produk susu apa yang bisa ditoleransi oleh tubuh. Sebagai contoh, sebagian penderita intoleransi laktosa masih bisa mengonsumsi keju keras tanpa harus mengalami masalah pencernaan atau hanya sedikit mengalami masalah tersebut.

Kiat lain yang dapat dilakukan adalah mengontrol porsi produk susu yang dikonsumsi. Porsi yang lebih kecil dapat membantu mengurangi atau menghindari gejala intoleransi laktosa.

Cara lain untuk meredakan gejala adalah dengan mengonsumsi produk susu bersamaan dengan makanan lain. Upaya lain yang dapat menjadi solusi adalah mencari produk yang rendah atau bebas laktosa.

Baca Juga: Istri Dapat Komentar Kebencian, Ernest Prakasa Ultimatum Netizen

Beberapa suplemen enzim laktase juga dapat membantu mencerna makanan yang mengandung laktosa. Suplementasi ini pun bisa menurunkan ketidaknyamanan di perut setelah mengonsumsi produk susu.

Itulah informasi mengenai Intoleransi laktosa dan bagaimana cara menanggulanginya. Semoga bermanfaat.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Mengatasi Cegukan dengan Mudah, Tak Sulit!

Senin, 18 Oktober 2021 | 09:28 WIB

Waspada Kebiasaan Mengucek Mata, Ini Bahayanya!

Senin, 18 Oktober 2021 | 08:28 WIB

5 Olahraga Ringan dan Mudah untuk Kecilkan Paha

Minggu, 17 Oktober 2021 | 13:15 WIB

Sesak Napas Setelah Sembuh Covid-19, Apa Penyebabnya?

Kamis, 14 Oktober 2021 | 21:30 WIB

Waspada, Pilek Menahun Bisa Jadi Tanda 3 Penyakit Ini

Kamis, 14 Oktober 2021 | 18:31 WIB
X