Cara Memasak Sayuran Ini Tidak Sehat, Berbahaya bagi Tubuh

- Kamis, 16 September 2021 | 05:50 WIB
Sayuran yang boleh dikonsumsi penderita diabetes. (congerdesign dari Pixabay)
Sayuran yang boleh dikonsumsi penderita diabetes. (congerdesign dari Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Cara memasak sayuran sangat menentukan apakah kandungan vitamin dan mineralnya dapat bertahan. Bahkan ada cara memasak sayur yang tidak sehat dan berbahaya bagi tubuh.

Dilansir dari Republika.co.id, sayuran sangat penting bagi kesehatan, karena kaya akan serat, vitamin dan mineral, sayuran dapat membantu Anda tetap kenyang tanpa menambah kalori berlebih.

Baca Juga: Fabrizio Romano: Real Madrid Bisa Culik Kylian Mbappe Hanya dengan Cara Ini

Guna menjaga nilai gizi tetap utuh, ada cara memasak sayuran yang harus dihindari yaitu digoreng. Sayuran yang digoreng seperti bakwan memang lezat, tetapi tidak menyehatkan bagi tubuh.

“Ini tidak hanya menambahkan karbohidrat tambahan dari adonan, tetapi menggoreng apapun menambahkan satu ton lemak tambahan yang setara dengan tambahan kalori,” kata ahli diet Zoë Schroeder seperti dilansir dari She Finds, Rabu, 15 September 2021.

Ahli Gizi Heather Hanks menjelaskan, menggoreng sayuran bersifat kontraproduktif dengan proses penurunan berat badan karena beberapa alasan, terutama jika digoreng menggunakan tepung dan remah roti juga minyak sayur.

“Minyak nabati mengandung lemak trans, yang merupakan lemak jahat yang dapat menyebabkan peradangan kronis, yang pada dasarnya mempersulit tubuh Anda untuk menurunkan berat badan,” kata Hanks.

Selain itu, sayuran yang digoreng dengan adonan tepung juga akan mengintegrasikan gluten ke dalamnya. Jika Anda memiliki intoleransi gluten, ini dapat menyebabkan kembung dan peradangan yang bisa mempersulit proses penurunan berat badan.

Baca Juga: Liverpool VS AC Milan: Prediksi, Link Streaming, dan Cara Nonton Gratis Liga Champions

Cara Masak Sayur Sehat

Untungnya ada sejumlah metode memasak lain yang dapat membantu Anda mendapatkan manfaat maksimal dari makan sayuran secara teratur. Jika Anda ingin mengonsumsi sayuran yang renyah seperti hasil menggoreng, Anda bisa menggantinya dengan menggunakan air fryer.

Caranya juga sangat mudah, lapisi sayuran dengan minyak zaitun untuk menyajikan lemak sehat dan meningkatkan metabolisme, lalu masak di air fryer, dan sayuran akan renyah seperti tanpa memerlukan lapisan tepung roti.

"Cara ini bisa menghilangkan gluten dari proses penggorengan, dan juga membantu menjaga lebih banyak mikronutrien dari sayuran tetap utuh untuk mendorong proses metabolisme yang membantu penurunan berat badan," jelas Hanks.

Baca Juga: Cianjur Peringkat 4 Nasional, Tapi Kategori Berbahaya

Metode ideal lainnya dalam memasak sayuran adalah dengan mengukus karena dimasak tanpa minyak, sehingga bisa mempertahankan vitamin dan mineral. Selain itu Anda juga menumis sayuran dengan menambahkan minyak zaitun.

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Hilangkan Lemak Perut, 5 Tips Ini Dijamin Ampuh

Kamis, 21 Oktober 2021 | 09:26 WIB

Daftar Tepung untuk Penderita Diabetes, Semua Enak!

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:58 WIB

Cara Mengatasi Cegukan dengan Mudah, Tak Sulit!

Senin, 18 Oktober 2021 | 09:28 WIB

Waspada Kebiasaan Mengucek Mata, Ini Bahayanya!

Senin, 18 Oktober 2021 | 08:28 WIB

5 Olahraga Ringan dan Mudah untuk Kecilkan Paha

Minggu, 17 Oktober 2021 | 13:15 WIB
X