Mendengkur Bisa Tunjukan Risiko Penyakit Berbahaya!

- Rabu, 15 September 2021 | 14:36 WIB
Mendengkur tak boleh dianggap sepele. Meski cukup umum terjadi, namun terkadang mendengkur bisa menjadi pertanda penyakit berbahaya. (istock)
Mendengkur tak boleh dianggap sepele. Meski cukup umum terjadi, namun terkadang mendengkur bisa menjadi pertanda penyakit berbahaya. (istock)

mendengkur tak boleh dianggap sepele. Pasalnya, meski cukup umum terjadi, namun terkadang mendengkur bisa menjadi pertanda adanya penyakit yang berbahaya.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- mendengkur biasanya hanya dianggap sebagai kebiasaan buruk saat tidur karena mengganggu orang di sekitar. 

Kebiasaan tidur mendengkur bisa dialami oleh siapa saja, tetapi hal ini umumnya terjadi pada pria dan orang yang obesitas. Kondisi ini kemungkinan diakibatkan oleh kelebihan lemak yang menumpuk di sekitar leher sehingga menyebabkan aliran napas terganggu saat tidur.

Saat mendengkur, seseorang bisa mengalami sleep apnea, dengan ciri utamanya adalah mendengkur hingga terbangun.

Baca Juga: 7 HP Xiaomi RAM 4GB 1 Jutaan Terbaik 2021

Selain karena obesitas, kebiasaan mendengkur juga bisa disebabkan oleh kelelahan atau kondisi medis lain, seperti deviasi septum, kelainan bentuk hidung, tenggorokan, atau mulut, dan sinusitis.

mendengkur dan risiko penyakit berbahaya
Sebagian orang mungkin memiliki amandel maupun lidah besar yang dapat mempersempit atau menghalangi jalan napas sehingga menyebabkan dengkuran saat tidur.

Selain itu, Anda juga berisiko tidur mendengkur jika sering mengosumsi minuman keras atau memiiki riwayat mendengkur di dalam keluarga.

Dinukil Alodokter.com, pada kasus tertentu, mendengkur bisa berhubungan dengan peningkatan risiko berbagai penyakit berbahaya, seperti:

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Glowing Tanpa Skincare dari dr. Zaidul Akbar

Selasa, 28 September 2021 | 07:49 WIB

Banyak Makan Tapi Tak Mau Gemuk? Coba Cara Mudah Ini

Senin, 27 September 2021 | 15:50 WIB

Zodiak Bisa Bantu Deteksi Masalah Kesehatan, Yuk Cek!

Senin, 27 September 2021 | 14:24 WIB

Bolehkah Orang Alergi Obat Disuntik Vaksin Covid-19?

Minggu, 26 September 2021 | 15:59 WIB

6 Pemicu Kolesterol Tinggi, Ini Cara Mencegahnya

Minggu, 26 September 2021 | 12:29 WIB

Amankah Ibu Penderita Covid-19 Beri ASI untuk Bayinya?

Minggu, 26 September 2021 | 09:00 WIB
X