Rutin Berhubungan Seks Tunda Menopause, Benarkah?

- Rabu, 15 September 2021 | 13:44 WIB
Ilustrasi -- Benarkah rutin berhubungan seks bisa tunda menopause? Sebuah studi baru mengklaim, ada kemungkinan rutin berhubungan seks tunda menopause. ( Sasin Tipchai dari Pixabay )
Ilustrasi -- Benarkah rutin berhubungan seks bisa tunda menopause? Sebuah studi baru mengklaim, ada kemungkinan rutin berhubungan seks tunda menopause. ( Sasin Tipchai dari Pixabay )

Benarkah rutin berhubungan seks bisa tunda menopause, penasaran? simak penjelasan ahli berikut ini.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sebuah studi baru mengklaim bahwa ada kemungkinan hubungan antara lebih banyak seks dan menopause yang tertunda. Penelitian tersebut telah diterbitkan di Royal Society Open Science.

Melansir dari Healthshots, penelitian ini juga mengklaim bahwa perempuan yang berhubungan seks setiap minggu 28 persen lebih kecil kemungkinannya mengalami menopause pada usia tertentu dibandingkan dengan mereka yang berhubungan seks kurang dari sebulan sekali.

Lebih lanjut, temuan menunjukkan bahwa perempuan yang berhubungan seks setiap bulan 19 persen lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami menopause dibandingkan dengan mereka yang tidak melakukan hubungan seks.

Yang penting untuk dicatat di sini adalah bahwa seks memang membantu, tetapi perempuan tidak boleh dipaksa seks hanya untuk menunda menopause.

Baca Juga: 11 Buah untuk Penderita Diabetes yang Cocok Jadi Camilan Sehat

Aktivitas seks sendiri bisa didefinisikan sebagai hubungan seksual, seks oral, sentuhan atau bahkan kesenangan diri sendiri. Meskipun begitu, penelitian lebih lanjut mengenai jenis aktivitas seks yang berpengaruh masih perlu dilakukan.

Seperti yang kita ketahui, menopause adalah tahap yang dihadapi setiap perempuan dalam hidupnya, tetapi waktunya juga tergantung pada genetik. Tapi menopause juga merupakan konsekuensi dari kebiasaan gaya hidup seperti merokok dan jumlah telur yang dibawa seorang wanita sejak lahir.

Penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang sudah menikah mencapai tahap menopause lebih lambat daripada yang belum menikah atau bercerai. Hal ini mengungkapkan bahwa kebiasaan seksual memiliki peran besar.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tips Glowing Tanpa Skincare dari dr. Zaidul Akbar

Selasa, 28 September 2021 | 07:49 WIB

Banyak Makan Tapi Tak Mau Gemuk? Coba Cara Mudah Ini

Senin, 27 September 2021 | 15:50 WIB

Zodiak Bisa Bantu Deteksi Masalah Kesehatan, Yuk Cek!

Senin, 27 September 2021 | 14:24 WIB

Bolehkah Orang Alergi Obat Disuntik Vaksin Covid-19?

Minggu, 26 September 2021 | 15:59 WIB

6 Pemicu Kolesterol Tinggi, Ini Cara Mencegahnya

Minggu, 26 September 2021 | 12:29 WIB

Amankah Ibu Penderita Covid-19 Beri ASI untuk Bayinya?

Minggu, 26 September 2021 | 09:00 WIB
X