Penyakit Jantung Bisa Terdeteksi dengan Tes Ibu Jari, Cek Sekarang!

- Rabu, 15 September 2021 | 10:16 WIB
ilustrasi --  penyakit jantung bisa terdeteksi dengan tes ibu jari, bagaimana caranya? (freepik  )
ilustrasi -- penyakit jantung bisa terdeteksi dengan tes ibu jari, bagaimana caranya? (freepik )

penyakit jantung bisa terdeteksi dengan tes ibu jari, bagaimana caranya?

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- penyakit jantung bisa diderita oleh semua orang. Tapi, tes ibu jari bisa membantu Anda mendeteksi risiko penyakit jantung di rumah.

Cukup menekuk ibu jari ke dalam telapak tangan saja bisa membantu mendeteksi Anda berisiko atau memiliki aneurisma aorta tersembunyi atau tidak.

Aneurisma aorta adalah tonjolan di dinding pembuluh darah yang terhubung ke jantung dan turun ke perut. Meskipun, kondisi ini biasanya tidak menimbulkan ancaman serius bagi kesehatan, pembengkakan bisa mengancam jiwa jika tak terdeteksi sejak dini.

Baca Juga: Bahaya Sikat Gigi Setelah Sarapan, Jangan Dilakukan!

Apalagi, aneurisma aorta biasanya tidak menunjukkan gejala dan terdeteksi melalui skrining.

Jika aneurisma aorta sudah menunjukkan gejala, mungkin tonjolan sudah begitu besar dan membahayakan. Kondisi ini bisa menyebabkan pendarahan internal hingga kematian.

Sekitar 8 dari 10 orang dengan rupture akan meninggal sebelum tiba di rumah sakit atau mereka tidak akan selamat dari prosedur operasi.

Tapi, dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Yale mengatakan orang dapat memeriksa risiko mereka sendiri dengan tes ibu jari atau tes jempol yang sederhana tersebut.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X