Tertawa Bahagia dengan Bermain Tebak Tebakan Lucu yang Bermanfaat bagi Kesehatan

- Selasa, 14 September 2021 | 17:48 WIB
Tertawa Bahagia dengan Bermain Tebak Tebakan Lucu yang Bermanfaat bagi Kesehatan (Pixabay)
Tertawa Bahagia dengan Bermain Tebak Tebakan Lucu yang Bermanfaat bagi Kesehatan (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tertawa atau sekedar tersenyum merupakan cara terbaik untuk mengekspresikan kebahagian karena berbagai hal. Misalnya saja karena prestasi, mendapatkan hadiah, mendengarkan tebak tebakan lucu, atau bahkan menertawakan tingkah teman. Tidak hanya membuat hati bahagia, tertawa bisa bermanfaat untuk kesehatan.

Manfaat Tertawa untuk Kesehatan

Anda bisa main tebak tebakan lucu bersama teman dan tertawa serta mendapatkan berbagai manfaat berikut.

  1. Dapat mengurangi stres

Pada saat tertawa hormon yang dapat memicu stres akan berkurang dan hormon endorfin akan bertambah. Sehingga beban pikiran akan terasa berkurang dengan tertawa. Anda akan merasa lebih lega dan tidak terlalu stres memikirkan suatu hal.

  1. Meningkatkan imun tubuh

Tertawa mampu meningkatkan jumlah dan fungsi sel-sel kekebalan tubuh sehingga mampu melawan infeksi dengan lebih baik. Memiliki pikiran yang positif mampu melepaskan neuropeptida yang bisa mencegah stres sehingga terhindar dari penyakit yang dapat timbul. Sebaliknya, jika terlalu berpikiran negatif Anda bisa merasa stres dan lebih mudah sakit.

  1. Memperbaiki kinerja berbagai organ tubuh

Tertawa dapat mengurangi peradangan di arteri dan meningkatkan jumlah kolesterol baik yang akan membuat jantung lebih sehat. Selain itu, asupan udara yang mengandung oksigen akan lebih meningkat dan baik untuk jantung, paru-paru, dan otot. Tertawa juga akan membuat produksi hormon endorfin lebih meningkat.

  1. Menurunkan ketegangan

Tertawa dapat membuat otot menjadi lebih rileks dan melancarkan sirkulasi darah. Beberapa reaksi fisik karena stres seperti otot leher dan bahu yang tegang tidak akan mudah terjadi. Anda bisa bermain tebak tebakan lucu dengan teman, keluarga, bahkan dengan gawai agar bisa tertawa.

  1. Memperbaiki suasana hati

Banyak orang mengalami depresi namun tidak ada orang di sekitarnya yang mengetahui hal tersebut. Depresi bisa terjadi karena suatu masalah atau karena penyakit tertentu. Tertawa bisa membantu seseorang merasa lebih senang sehingga beban di dalam hati terasa lebih ringan.

  1. Salah satu bentuk olahraga

Tertawa yang baik dapat membuat otot diafragma, perut, dan bahu menjadi lebih rileks sehingga bisa melatih jantung. Namun terdapat tertawa pada waktu tidak tepat dan tidak terkontrol yang tidak bermanfaat. Hal tersebut biasanya terjadi karena terdapat masalah terhadap saraf seseorang.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Cara Diet Cepat namun Tetap Makan yang Enak

Jumat, 24 Juni 2022 | 10:57 WIB

Mata Kedutan Tanda Gangguan Otak?

Kamis, 23 Juni 2022 | 18:22 WIB

Waktu Tidur Bayi, Anak-anak, Remaja, dan Dewasa

Selasa, 21 Juni 2022 | 17:31 WIB

5 Buah Enak yang Bantu Menguatkan Tulang

Selasa, 21 Juni 2022 | 14:04 WIB
X