Waspada 4 Ciri-ciri Usus Buntu, Jangan Disepelekan!

- Selasa, 14 September 2021 | 14:53 WIB
[Ilustrasi] Ciri-ciri usus buntu ringan ada beragam dan salah satu yang paling khas adalah munculnya nyeri di perut bagian kanan bawah. Kenali tandanya! (Pixabay/Darko Djurin)
[Ilustrasi] Ciri-ciri usus buntu ringan ada beragam dan salah satu yang paling khas adalah munculnya nyeri di perut bagian kanan bawah. Kenali tandanya! (Pixabay/Darko Djurin)

ciri-ciri usus buntu ringan ada beragam, kenali gejala dan tandanya sekarang!

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- ciri-ciri usus buntu ringan ada beragam dan salah satu yang paling khas adalah munculnya nyeri di perut bagian kanan bawah. Gejala ini biasanya muncul di awal penyakit usus buntu. Sebagian usus buntu ringan bisa sembuh sendiri, tapi penyakit ini sering kali akan menjadi lebih parah jika tidak diobati dengan tepat.

Penyakit usus buntu adalah penyakit yang terjadi ketika usus buntu atau apendiks mengalami peradangan. Dalam istilah medis, penyakit ini disebut apendisitis. Usus buntu ringan biasanya dialami pada orang yang pertama kali terkena penyakit usus buntu.

Meski masih tergolong ringan, bukan berarti kondisi ini dianggap sepele. Penting bagi Anda untuk mengenali apa saja gejala dan ciri-ciri usus buntu ringan. Jika mengalaminya, Anda tetap memerlukan pemeriksaan dan penanganan oleh dokter.

Baca Juga: Nasi Panas vs Nasi Dingin, Lebih Baik Mana untuk Penderita Diabetes?

Hal ini penting untuk mencegah usus buntu berkembang menjadi parah dan menimbulkan komplikasi yang lebih serius, misalnya usus buntu pecah dan peritonitis.

ciri-ciri usus buntu ringan
ciri-ciri usus buntu ringan awalnya ditandai dengan rasa nyeri secara tiba-tiba di sekitar pusar. Gejala ini bisa hilang seketika, kemudian muncul lagi dalam beberapa menit. Setelah itu, dinukil Alodokter.com, ada beberapa ciri-ciri usus buntu ringan lainnya yang timbul, di antaranya:

1. nyeri perut bagian kanan bawah
Setelah beberapa jam, rasa nyeri yang tadinya berada di sekitar pusar akan berpindah ke perut bagian kanan bawah. Ini merupakan gejala paling khas dari penyakit usus buntu. Biasanya rasa nyeri ini akan semakin parah saat Anda menarik napas dalam-dalam, bergerak, bersin, batuk, atau ketika perut ditekan.

2. nafsu makan berkurang
Nafsu makan berkurang atau menghilang juga merupakan salah satu ciri-ciri usus buntu ringan. Gejala ini biasanya timbul setelah munculnya nyeri perut bagian kanan bawah.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB
X