Layar Komputer hingga Ponsel Bisa Bikin Kulit Tua, Jarang Disadari!

- Senin, 13 September 2021 | 15:32 WIB
Ilustrasi   Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kebiasaan atau pekerjaan yang menuntut kita terlalu lama menatap layar laptop, komputer maupun ponsel bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan kulit. (Pixabay)
Ilustrasi Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kebiasaan atau pekerjaan yang menuntut kita terlalu lama menatap layar laptop, komputer maupun ponsel bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan kulit. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Banyak orang yang tidak menyadari bahwa kebiasaan atau pekerjaan yang menuntut kita terlalu lama menatap layar laptop, komputer maupun ponsel bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan kulit.

Beberapa masalah kesehatan akibat menatap layar laptop atau ponsel, seperti mata kering, sakit leher, berat badan bertambah, dan meregangkan otot-otot tangan.

Selain itu, menggunakan gadget atau laptop terus menerus tanpa istirahat bisa mempengaruhi kesehatan mental, sehingga menyebabkan perubahan suasana hati yang cepat dan mudah marah.

Baca Juga: Separuh Jalan Berjibaku Hadapi Pandemi

Terlepas dari semua efek samping itu, paparan cahaya biru dari layar laptop maupun ponsel setiap hari bisa merusak kulit halus Anda. Hal inilah yang tanpa disadari membuat Anda terlihat lebih tua dan lelah.

Banyak yang tak menyadari bahwa cahaya berenergi tinggi (HEV) yang juga dikenal sebagai cahaya biru dari perangkat elektronik bisa menyebabkan kerusakan sel-sel kulit Anda.

Lampu HEV adalah frekuensi yang lebih tinggi, panjang gelombang cahaya yang lebih pendek dalam pita ungu-biru dalam spektrum yang terlihat.

Cahaya biru juga bisa diperoleh darii sinar matahari, cahaya yang dipancarkan oleh lampu tabung, LED dan semua jenis gadget, termasuk layar TV, smartphone, tablet, dan komputer.

Tetapi dilansir dari Times of India, risiko kerusakan sel-sel kulit dari laptop dan layar ponsel Anda lebih tinggi karena dekat dengan wajah dibandingkan lainnya.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ciri atau Tanda Pria dan Wanita Selingkuh

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:06 WIB

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB
X