Sakit Kepala Akibat Kolesterol Tinggi, Ini Cara Mengatasinya

- Senin, 13 September 2021 | 13:14 WIB
[Ilustrasi] Sakit kepala. Banyak pengidap kadar kolesterol tinggi mengalami gejala sakit kepala ketika kondisi ini kambuh. Bagaimana mengatasi kondisi tersebut? (Pixabay)
[Ilustrasi] Sakit kepala. Banyak pengidap kadar kolesterol tinggi mengalami gejala sakit kepala ketika kondisi ini kambuh. Bagaimana mengatasi kondisi tersebut? (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kadar kolesterol tinggi dapat membentuk plak yang menempel di pembuluh darah arteri. Kondisi tersebut membuat darah sulit mengalir, terkadang endapannya dapat pecah dan menyebabkan serangan jantung maupun stroke. Banyak pengidap kadar kolesterol tinggi mengalami gejala sakit kepala ketika kondisi ini kambuh. Bagaimana mengatasi kondisi tersebut?

Ciri sakit kepala karena kolesterol tinggi

Kolesterol memang dibutuhkan tubuh melindungi sistem saraf hingga membantu memproduksi sejumlah hormon seperti hormon seks. Namun, jika kadarnya berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan, yakni kadar kolesterol tinggi.

Penyakit kolesterol tinggi bisa diwariskan secara genetik dari orang tua, tapi juga dapat terjadi karena gaya hidup yang buruk, seperti keseringan konsumsi makanan berlemak dan malas gerak.

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 21 Kapan Dibuka? Ini Bocorannya

Menurut situs Mayo Clinic, kadar kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala. Namun, sebuah studi pada jurnal Pain Practise tahun 2014 menunjukkan keterkaitan antara kadar kolesterol tinggi dengan salah satu jenis sakit kepala, yakni migrain. Migrain adalah tipe sakit kepala yang digambarkan dengan sensasi nyeri berdenyut, biasanya hanya terjadi di satu sisi kepala saja.

Pada studi tersebut, peneliti memeriksa kadar kolesterol 52 pasien yang mengalami migrain. Hasilnya menunjukkan bahwa pasien dengan kadar kolesterol tinggi mengalami migrain yang lebih parah ketimbang pasien dengan kadar kolesterol yang lebih rendah. Ketika serangan migrain membaik, kadar kolesterol buruknya juga membaik.

Walaupun studi tersebut masih berskala kecil, ada kemungkinan jika munculnya sakit kepala yang parah bisa jadi ciri kadar kolesterol saat itu sedang di atas batas normal, alias sedang kambuh.

Beda sakit kepala biasa dan gejala kolesterol tinggi

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB

Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Bumi kata BNPB

Jumat, 14 Januari 2022 | 17:05 WIB

4 Dampak Buruk Akibat Nonton Film Porno

Jumat, 14 Januari 2022 | 12:14 WIB
X