Penyebab Keram Otot pada Tubuh Manusia, Begini Penjelasan Ilmiahnya

- Minggu, 12 September 2021 | 17:29 WIB
Otot-otot yang ada di tubuh manusia terkadang keram secara tiba-tiba. Kondisi ini biasanya menimulkan rasa sakit luar biasa. (Pixabay/kinkate )
Otot-otot yang ada di tubuh manusia terkadang keram secara tiba-tiba. Kondisi ini biasanya menimulkan rasa sakit luar biasa. (Pixabay/kinkate )

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Otot-otot yang ada di tubuh manusia terkadang keram secara tiba-tiba. Kondisi ini biasanya menimulkan rasa sakit luar biasa.

Hal itu tentu tidak diharapkan oleh siapa pun. Keram otot dapat terjadi pada bagian tubuh mana saja dan dapat terjadi berulang kali meski telah dihindari.

Tetapi, apa sebenarnya yang menyebabkan keram otot? Dilansir oleh medicinenet.com, berikut penjelasan soal terjadinya keram otot.

Otot berkontraksi secara paksa

Keram otot sebenarnya ialah kondisi otot yang berkontraksi secara paksa. Ini juga berarti kondisi yang tidak disengaja ketika otot tidak berelaksasi.

Ketika Anda menggunakan otot-otot yang dapat dikendalikan secara sukarela, seperti otot-otot lengan dan kaki, otot-otot tersebut berkontraksi dan rileks secara bergantian sembari Anda menggerakkan anggota tubuh.

Otot-otot yang menopang kepala, leher, dan batang tubuh, juga berkontraksi dengan cara yang sama untuk mempertahankan postur. 

Otot (atau bahkan beberapa serat otot) yang berkontraksi tanpa disengaja (tanpa disadari) itu kemudian berada dalam kondisi "kejang".

Jika kejang kuat dan berkelanjutan, itu menjadi kramKram otot sering menyebabkan pengerasan yang dapat dilihat secara kasat mata atau teraba pada otot yang terlibat.

Kram otot dapat berlangsung dari beberapa detik hingga seperempat jam, atau terkadang lebih lama. Tidak jarang kram terjadi berulang kali sampai akhirnya sembuh.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ciri atau Tanda Pria dan Wanita Selingkuh

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:06 WIB

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB
X