Diet Turunkan Berat Badan Berisiko Batu Empedu, Waspada Perlu Operasi!

- Kamis, 9 September 2021 | 11:59 WIB
[Ilustrasi] diet; Diet menurunkan berat badan mungkin bisa membantu menurunkan berat badan Anda dengan cepat, tetapi hati-hati, diet seperti ini mungkin bisa menjadi penyebab batu empedu. (Shutterstock)
[Ilustrasi] diet; Diet menurunkan berat badan mungkin bisa membantu menurunkan berat badan Anda dengan cepat, tetapi hati-hati, diet seperti ini mungkin bisa menjadi penyebab batu empedu. (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Banyak orang ingin menurunkan berat badan dengan cepat. Segala macam diet mereka lakukan untuk mencapai bentuk tubuh yang diinginkan. Bahkan sampai menyiksa dirinya sendiri dengan menghindari makanan. Hal ini mungkin bisa membantu menurunkan berat badan Anda dengan cepat, tetapi hati-hati, diet seperti ini mungkin bisa menjadi penyebab batu empedu.

Apa itu batu empedu?
Batu empedu merupakan gumpalan material atau kristal padat yang terbentuk dalam kandung empedu. Kantung empedu (organ yang ada di bawah hati) sendiri berfungsi untuk membantu tubuh mencerna lemak dengan cara menyimpan dan melepaskan empedu ke usus kecil. Empedu juga dapat membantu menghilangkan kolesterol dalam tubuh.

Batu empedu bisa terdiri dari campuran senyawa, tetapi sebagian besar bisa terbentuk dari kolesterol. Dinukil Hellosehat.com, terdapat beberapa kondisi yang memungkinkan batu empedu terbentuk, yaitu:

Baca Juga: Suka Lupa Nama Orang? Waspada Tanda Awal Pikun

  • Hati terlalu banyak melepaskan kolesterol dan empedu tidak menyediakan cukup garam empedu untuk melarutkan kolesterol, sehingga empedu menjadi jenuh
  • Terjadi ketidakseimbangan protein atau zat lain dalam empedu, sehingga menyebabkan kolesterol mulai mengkristal
  • Kandung empedu tidak cukup melakukan kontraksi untuk mengosongkan empedu secara teratur

Batu empedu lebih sering terjadi pada wanita dan orang dewasa di atas usia 40 tahun. Wanita menjadi kelompok yang lebih mungkin terkena batu empedu karena hormon estrogen yang dimiliki wanita dapat meningkatkan jumlah kolesterol dalam empedu, dan menurunkan kontraksi kandung empedu untuk mengosongkan empedu.

Diet penurunan berat badan bisa jadi penyebab batu empedu
Penurunan berat badan dianjurkan bagi Anda yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Penurunan berat badan sampai mencapai berat badan normal terbukti dapat menurunkan banyak risiko penyakit, seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, termasuk juga dapat mencegah batu empedu.

Ya, obesitas merupakan salah satu faktor risiko batu empedu. Hal ini disebabkan karena orang obesitas memproduksi kadar kolesterol yang tinggi. Akibatnya, empedu tidak mampu membantu tubuh mencerna semua kolesterol dan batu empedu akan terbentuk.

Namun, penurunan berat badan harus dilakukan dengan baik. Jangan sampai malah mengakibatkan Anda berisiko terkena penyakit lain. Satu hal yang perlu Anda tahu adalah cara diet yang salah dapat jadi penyebab batu empedu terbentuk. Orang yang mengalami penurunan berat badan lebih dari 1,4 kg per minggu mempunyai kemungkinan yang lebih besar untuk menderita batu empedu daripada orang yang menurunkan berat badan lebih lambat.

Hal ini mungkin terjadi karena diet bisa menyebabkan perubahan keseimbangan garam empedu dan kolesterol dalam kandung empedu. Kadar kolesterol meningkat, sedangkan garam empedu menurun. Tubuh yang memecah lemak selama diet ketat menyebabkan hati melepaskan kolesterol dalam jumlah banyak ke empedu, sehingga empedu menjadi jenuh. Selain itu, sering melewatkan makan atau tidak makan dalam waktu yang lama dapat menurunkan kontraksi kandung empedu untuk mengosongkan empedu. Akibatnya, batu empedu bisa terbentuk.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X