Telapak Tangan Berkeringat Tanda Penyakit Jantung? Ini Obat dan Cara Mengatasinya

- Kamis, 9 September 2021 | 10:25 WIB
[Ilustrasi] Telapak Tangan; telapak tangan Anda sering berkeringat berlebih? Ada yang mengatakan hal tersebut pertanda sedang gugup, ada juga yang percaya bahwa tangan basah menandakan penyakit tertentu. (Freepik)
[Ilustrasi] Telapak Tangan; telapak tangan Anda sering berkeringat berlebih? Ada yang mengatakan hal tersebut pertanda sedang gugup, ada juga yang percaya bahwa tangan basah menandakan penyakit tertentu. (Freepik)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- telapak tangan Anda sering berkeringat berlebih? Ada yang mengatakan hal tersebut pertanda sedang gugup, ada juga yang percaya bahwa tangan basah menandakan penyakit tertentu.

Salah satu kondisi yang paling sering dihubungkan dengan munculnya telapak tangan sering berkeringat adalah penyakit jantung. Apakah telapak tangan sering berkeringat sudah pasti pertanda masalah jantung?

Apa benar telapak tangan sering berkeringat tanda penyakit jantung?
Bila keringat dingin mendadak muncul di telapak tangan, masih banyak yang mengaitkan fenomena tersebut dengan penyakit jantung. penyakit jantung sendiri merupakan sebutan untuk sekelompok gangguan medis yang memengaruhi jantung, mulai dari serangan jantung hingga jantung koroner.

Baca Juga: 18 HP Murah RAM 6 GB Terbaru Mulai 1 Jutaan, dari Oppo hingga Samsung!

Tergantung pada apa jenis penyakitnya, bisa saja telapak tangan sering berkeringat merupakan bagian dari gejala penyakit jantung. Namun, penting untuk diketahui bahwa telapak tangan sering berkeringat tidak selalu berarti ada penyakit jantung.

Pasalnya, ada beberapa macam penyakit dan kondisi medis lain yang gejalanya juga berupa telapak tangan sering berkeringat. Apabila telapak tangan sering berkeringat diikuti dengan gejala-gejala di bawah ini, kemungkinan fenomena tersebut adalah pertanda penyakit jantung:

  • nyeri dada,
  • mual,
  • sesak napas,
  • jantung berdebar-debar,
  • perubahan warna kulit (kebiruan atau pucat),
  • kelelahan setelah melakukan aktivitas fisik, dan
    bengkak di kaki, perut, atau pergelangan kaki.

Ketika jantung bermasalah, kinerjanya dalam menyuplai darah di dalam tubuh akan menurun. Ini menyebabkan tubuh beradaptasi agar jantung bekerja lebih keras sehingga muncul keringat berlebih.

Jika Anda mengalami masalah tangan sering berkeringat dan muncul gejala-gejala di atas, jangan tunda waktu untuk periksa ke dokter.

Baca Juga: Daftar Masalah Kesehatan Mulut Akibat Covid-19, Termasuk Hilang Rasa

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Ciri-ciri Asam Lambung Naik yang Jarang Disadari

Selasa, 6 September 2022 | 16:13 WIB
X