Penyebab Asam Urat, Kenali Ciri Gejala hingga Obat Asam Urat Alami

- Selasa, 7 September 2021 | 14:12 WIB
Ilustrasi -- asam urat; Cari tahu penyebab asam urat, ciri, gejala, hingga obat asam urat alami. Sebab asam urat adalah bentuk penyakit yang mengganggu sendi. (Pixabay)
Ilustrasi -- asam urat; Cari tahu penyebab asam urat, ciri, gejala, hingga obat asam urat alami. Sebab asam urat adalah bentuk penyakit yang mengganggu sendi. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Berikut ini ulasan terkait penyebab asam urat, ciri, gejala, hingga obat asam urat alamiasam urat adalah bentuk penyakit arthritis (radang sendi) yang menyebabkan persendian terasa nyeri, bengkak, dan kemerahan.

Gejala asam urat tersebut muncul secara tiba-tiba dan paling sering memengaruhi sendi di kaki dan tangan. Namun, tahukah Anda apa penyebab penyakit asam urat tersebut? Apa saja faktor yang meningkatkan risiko Anda memiliki kondisi ini?

Penyebab asam urat yang utama
Penyebab utama dari penyakit asam urat adalah kadar asam urat (uric acid) yang terlalu tinggi dalam tubuh. Seseorang dikatakan memiliki kadar uric acid tinggi bila hasil tes asam urat yang dilakukannya mencapai 6,0 mg/dL pada wanita dan 7,0 mg/dL pada pria. Adapun kadar asam urat normal berada di bawah angka tersebut.

Baca Juga: Simak Gejala Hipertensi Ringan hingga Berat, Lengkap dengan Buah untuk Darah Tinggi

Asam urat sebenarnya adalah zat yang terbentuk ketika tubuh memecah purin. Purin merupakan senyawa alami yang ada di tubuh dan dapat pula ditemukan di berbagai makanan dan minuman yang Anda konsumsi.

Pada kondisi normal, zat asam urat larut dalam darah serta diproses dan dikeluarkan oleh ginjal dalam bentuk urine. Namun, kadar asam urat yang melebihi normal bisa menumpuk dan membentuk kristal, yang disebut dengan monosodium urate, di persendian. Kristal asam urat inilah yang kemudian menyebabkan peradangan dan rasa nyeri pada sendi.

Ada berbagai hal yang dapat menyebabkan kadar asam urat yang tinggi. Namun, faktor utama yang menjadi pemicu kondisi tersebut adalah gaya hidup yang tidak sehat, terutama mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung purin.

Gaya hidup yang tidak sehat ini juga yang kerap menjadi penyebab penyakit asam urat pada usia muda. Selain gaya hidup, faktor lainnya pun bisa meningkatkan risiko seseorang memiliki kadar asam urat tinggi dan terkena penyakit ini.

9 faktor risiko penyebab asam urat tinggi
Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan kadar asam urat sehingga membuat Anda berisiko mengalami penyakit ini. Dinukil Hellosehat.com, faktor-faktor bisa menjadi pemicu asam urat tersebut adalah:

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Meniran Diklaim Bisa Jadi Obat Covid-19, Benarkah?

Selasa, 30 November 2021 | 14:31 WIB

BAB Setiap Hari Sehat? Ini Jawabannya

Selasa, 30 November 2021 | 12:15 WIB

Sakit Perut Haid, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Senin, 29 November 2021 | 21:41 WIB
X