FESTRA 2021: Menjaga Kebudayaan Indonesia

- Selasa, 7 September 2021 | 10:24 WIB
FESTRA 2021: Menjaga Kebudayaan Indonesia (Ist)
FESTRA 2021: Menjaga Kebudayaan Indonesia (Ist)

AYOBANDUNG.COM -- Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam serta masyarakat yang memiliki keunikan tersendiri dari setiap daerahnya. Berbagai Suku, Budaya, Bahasa, Agama, Ras yang beragam, bersatu menjadi bangsa Indonesia saat ini.

Namun, seiring berjalannya waktu, kebudayaan yang dibanggakan itu mulai pudar dari diri dan pikiran generasi muda. Melestarikannya merupakan satu-satunya cara agar beragamnya kebudayaan tetap ada hingga generasi selanjutnya.

FESTRA merupakan program kerja Unit Kegiatan Mahasiswa Lingkung Seni Tradisional (LISTRA) dari Universitas Katolik Parahyangan. Program ini disajikan dalam bentuk perlombaan dengan nuansa tradisional yang diperuntukkan bagi masyarakat dalam wilayah Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Bandung Baheula: Kulinér Roti Légendaris di Bandung

Setiap tahun, FESTRA diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan kesadaran dan kecintaan kaum muda terhadap budaya dan kesenian daerah yang ada di Indonesia.

Tahun ini, FESTRA kembali hadir dengan mengangkat tema ‘Catha Arutala’ yang diambil dari Bahasa Sansekerta, berarti seseorang yang memiliki cita–cita untuk tetap kreatif dan ekspresif di tengah kegelapan, bagaikan cahaya rembulan menyinari malam.

Secara utuh, tema ini menggambarkan seseorang yang memiliki cita-cita dan akan tetap kreatif mengekspresikan diri di dalam kegelapan, dalam hal ini kegelapan mewakilkan keterbatasan gerak dalam masa pandemi.

Baca Juga: [Bandung Baheula] Secuil Sejarah Pahit di De Majestic

Oleh karena itu, FESTRA 2021 diadakan dengan tujuan untuk menghadirkan semangat baru bagi para kaum muda, untuk selalu memiliki keinginan dan cita-cita untuk lebih kreatif, ekspresif, serta inovatif terutama untuk kaum muda di tengah pandemi saat ini.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gabus, dari Rawa Jadi Ikan Hias Jutaan Rupiah

Selasa, 21 September 2021 | 16:34 WIB

FESTRA 2021: Menjaga Kebudayaan Indonesia

Selasa, 7 September 2021 | 10:24 WIB

Inovasi Baru, Budi Daya Stroberi di Peti Kemas

Kamis, 5 Agustus 2021 | 17:55 WIB
X