Kolesterol Tinggi Bisa Terlihat dari Mata, Ini Cirinya!

- Selasa, 7 September 2021 | 08:39 WIB
Mata; kolesterol tinggi terjadi ketika terlalu banyak zat lemak di dalam darah yang menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah. (Shutterstock)
Mata; kolesterol tinggi terjadi ketika terlalu banyak zat lemak di dalam darah yang menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah. (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- kolesterol tinggi terjadi ketika terlalu banyak zat lemak di dalam darah yang menyebabkan penyumbatan di pembuluh darah.

Padahal, pembuluh darah yang tersumbat bisa meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke karena membatasi suplai darah ke jantung dan seluruh tubuh.

Tak selalu mudah untuk mengetahui diri Anda memiliki kolesterol tinggi atau tidak. Sebab, kolesterol tinggi seringkali tidak menunjukkan gejala yang jelas.

Baca Juga: Terungkap! Usia Bisa Tingkatkan Risiko Infeksi Covid-19 Setelah Vaksin

Tapi, ada beberapa tanda peringatan tersembunyi yang harus dipertimbangkan untuk memeriksakan kadar kolesterol Anda. Anda yang berisiko mengalami kolesterol tinggi bisa memiliki bercak kuning pada kulit di sekitar mata.

Dinukil Himedik.com, beberapa pasien dengan kolesterol tinggi memiliki bercak kuning yang tidak biasa di sekitar mata atau hidung. Bercak kulit ini dikenal sebagai xanthelasma akibat penumpukan kolesterol di bawah kulit.

Sebenarnya, tak semua orang dengan kolesterol tinggi akan mengembangkan kondisi tersebut. Tapi, gejala ini akan semakin terlihat dari waktu ke waktu.

Beberapa orang mungkin akan memiliki bercak kuning yang bertekstur rata atau kasar ini di sekitar mata atau dekat hidung.

Baca Juga: JADWAL PENCAIRAN BSU BLT BPJS Ketenagakerjaan Tahap 4, Nomor WA Wajib Aktif!

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Ciri Anda Kecanduan Seks, Cek Segera!

Senin, 9 Mei 2022 | 14:47 WIB

4 Penyebab Bau Kaki, Stres hingga Infeksi

Senin, 9 Mei 2022 | 14:37 WIB

9 Cara Mencegah Hepatitis Akut pada Anak

Senin, 9 Mei 2022 | 11:53 WIB
X