Kolesterol Normal Orang Dewasa: Cara Mencegah, Makanan, hingga Buah Penurun Kolesterol Tinggi

- Senin, 6 September 2021 | 12:59 WIB
Ilustrasi kolesterol normal pada orang dewasa, termasuk cara mencegah, rekomendasi hingga buah penurun kolesterol tinggi menjadi informasi yang paling dicari masyarakat saat ini. (Freepik)
Ilustrasi kolesterol normal pada orang dewasa, termasuk cara mencegah, rekomendasi hingga buah penurun kolesterol tinggi menjadi informasi yang paling dicari masyarakat saat ini. (Freepik)

kolesterol normal pada orang dewasa, termasuk cara mencegah, rekomendasi hingga buah penurun kolesterol tinggi menjadi informasi yang paling dicari masyarakat saat ini.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Berikut ini ulasan lengkap berapa kolesterol normal orang dewasa, termasuk cara mencegah, rekomendasi hingga buah penurun kolesterol tinggi. kolesterol normal pada orang dewasa menjadi idaman untuk masyarakat saat ini. Pasalnya, kolesterol kerap menjadi penyebab munculnya penyakit kronis di kemudian hari.

Di sisi lain, kolesterol tinggi masih menjadi momok yang sering tidak disadari. Namun, tidak banyak orang yang menaruh perhatian lebih pada hal ini, terutama wanita. American Heart Association mencatat, sebanyak 76 persen wanita tidak mengetahui jumlah kolesterol yang ada di tubuhnya.

Artinya, sebanyak itu pula orang yang tidak mengetahui apakah ia memiliki kadar kolesterol yang melewati batas normal atau tidak. Sebab kadar kolesterol tinggi bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit yang berbahaya, seperti Serangan Jantung dan stroke.

Baca Juga: Cara Cek Hasil SKD CPNS 2021 Melalui Live Score CAT BKN

Secara umum, tubuh manusia membutuhkan kolesterol agar dapat berfungsi dengan baik. Namun, ada batasan normal kolesterol yang bisa ditoleransi oleh tubuh. Lantas, berapakah batas kadar kolesterol yang normal bagi wanita?

Kolesterol dibagi menjadi dua yaitu Low-density lipoprotein (LDL) alias kolesterol jahat dan High-density lipoprotein (HDL) atau yang dikenal sebagai “kolesterol baik”. Normalnya, kadar kolesterol total yang dianjurkan adalah di bawah 200 mg/dL. Artinya, kadar LDL dan HDL sebaiknya tidak lebih dari angka tersebut.

Namun yang harus mendapat perhatian lebih adalah kadar LDL. Sebaiknya pertahankan angka LDL di bawah 100 mg/dL. Jika kamu memiliki riwayat atau faktor risiko penyakit jantung, maka kadar LDL yang dianjurkan adalah tidak lebih dari 70 mg/dL.
Kamu harus waspada jika kolesterol jahat tersebut sudah mencapai lebih dari 130 mg/dL. Jika berada pada kondisi ini, sebaiknya segera melakukan pemeriksaan ke dokter dan mulailah melakukan perubahan pola makan.

Tapi kamu juga harus memperhatikan kadar HDL dalam tubuh. Sebagai kolesterol yang baik bagi tubuh, HDL dianjurkan untuk tetap berada pada angka yang tinggi.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Daftar Tepung untuk Penderita Diabetes, Semua Enak!

Senin, 18 Oktober 2021 | 13:58 WIB

Cara Mengatasi Cegukan dengan Mudah, Tak Sulit!

Senin, 18 Oktober 2021 | 09:28 WIB

Waspada Kebiasaan Mengucek Mata, Ini Bahayanya!

Senin, 18 Oktober 2021 | 08:28 WIB

5 Olahraga Ringan dan Mudah untuk Kecilkan Paha

Minggu, 17 Oktober 2021 | 13:15 WIB
X