Tanda-tanda Tubuh Akan Alami Serangan Jantung

- Sabtu, 4 September 2021 | 16:40 WIB
[Ilustrasi] Ciri-ciri serangan jantung dapat dikenali lewat berbagai gejala.  Untuk mencegahnya, perlu makanan yang ampuh untuk mencegah penyakitnya. (Unspalash/Alexandru Acea)
[Ilustrasi] Ciri-ciri serangan jantung dapat dikenali lewat berbagai gejala. Untuk mencegahnya, perlu makanan yang ampuh untuk mencegah penyakitnya. (Unspalash/Alexandru Acea)

 

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Serangan jantung umumnya terjadi secara mendadak. Orang yang mengalami serangan jantung, biasanya akan mengalami henti jantung dan pingsan.

Namun sebelum serangan jantung terjadi, akan ada sinyal yang diberikan tubuh saat jantung bekerja lebih berat dari biasanya.

"Misalnya pada saat berjalan dada sakit, coba duduk ternyata makin sakit. Kalau dipaksakan, itu (kita) tidak mendengarkan apa yang dikatakan tubuh," kata dokter keolahragaan dr. Michael Triangto dikutip dari Suara.com.

Ia melanjutkan, segala sesuatu yang dirasak tidak normal pada tubuh harus menjadi perhatian dan diperiksakan ke dokter. Dokter Michael juga mengingatkan agar memerhatikan sinyal dari tubuh dan jangan menunda periksakan diri ke dokter.

Baca Juga: Selang Gas DIduga Bocor, Warung di Pasawahan Purwakarta Ludes Dilalap Api

Peristiwa serangan jantung saat berolahraga yang sempat ramai beberapa waktu terakhir, dikatakan dokter Michael perlu jadi pelajaran bagi masyarakat mengenai pentingnya mengetahui kondisi tubuh sebelum berolahraga dan tidak memaksakan intensitasnya.

"Celakanya masyarakat lihat kalau olahraga itu seperti atlet, harus capek, harus tersengal-sengal, berkeringat sampai lapar, sampai sakit badannya, itu yang harus kita luruskan. Jangan sampai pesan yang disampaikan masyarakat justru jangan olahraga karena bisa berbahaya," pungkasnya.

Senam jantung Sehat

Dilansir dari alodokter.com, agar senam jantung sehat yang kamu lakukan bisa optimal, kamu mesti memperhatikan beberapa hal berikut:

  1. Mulailah setiap sesi dengan pemanasan selama 5–10 menit untuk meningkatkan aliran darah, mengendurkan otot-otot, dan mencegah risiko cedera.
  2. Akhiri sesi senam dengan melakukan pendinginan selama 5–10 menit.
  3. Usahakan untuk rutin melakukan senam jantung sehat setidaknya selama 30 menit, 5 kali seminggu.
  4. Setel musik yang Anda sukai dan ajaklah keluarga lain, agar senam jantung sehat jadi lebih menyenangkan
  5. Selain gerakan senam jantung sehat yang telah disebutkan di atas, rutin melakukan aktivitas fisik yang santai selama 30 menit sehari, seperti senam SKJ, berjalan cepat, menaiki tangga, bersepeda, atau berenang, juga bisa memberikan manfaat besar pada kesehatan jantung.

Baca Juga: Berhubungan Seks Sebelum Tes Pap Smear, Boleh Tidak ya?

Gerakan Senam Jantung Sehat

Senam jantung sehat terdiri dari berbagai rangkaian gerakan senam aerobik atau kardio dasar. Gerakan ini bervariasi, mulai dari intensitas ringan, menengah, hingga berat. Berikut ini adalah beberapa pilihan gerakan senam jantung sehat yang mudah untuk diikuti:

1. Jogging di tempat

Gerakan senam jantung sehat dengan jogging diam di tempat merupakan cara mudah untuk meningkatkan detak jantung. Gerakan ini juga cocok menjadi pemanasan awal untuk gerakan yang lebih berat.

Anda bisa melakukan gerakan ini selama 30–60 detik. Jika gerakannya terasa membosankan, Anda bisa melakukan variasi gerakan dengan mengangkat lutut kearah dada, menendang kearah bokong, atau melebarkan lutut.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

6 Manfaat Daun Jelatang, Obat Eksim hingga Rematik

Jumat, 22 Oktober 2021 | 16:51 WIB

3 Minuman Penurun Berat Badan, Bisa Dibuat di Rumah!

Jumat, 22 Oktober 2021 | 14:07 WIB

Cara Jaga Kesehatan Otak dengan 6 Kebiasaan Mudah Ini

Jumat, 22 Oktober 2021 | 09:11 WIB

Cara Mengetahui Telur Busuk, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 18:59 WIB

Tanda Gejala Gagal Jantung, Waspadai Jenis Batuk Ini!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 13:02 WIB

3 Risiko Olahraga Sebelum Tidur, Jarang Disadari!

Kamis, 21 Oktober 2021 | 12:45 WIB

Cara Hilangkan Lemak Perut, 5 Tips Ini Dijamin Ampuh

Kamis, 21 Oktober 2021 | 09:26 WIB
X