Berhubungan Seks Sebelum Tes Pap Smear, Boleh Tidak ya?

- Jumat, 3 September 2021 | 11:40 WIB
[Ilustrasi] Seks yang ideal tentu harus memuaskan baik lelaki maupun perempuan. Salah satu faktor yang penting agar hubungan seks bisa saling memuaskan adalah gairah atau libido. (Sasin Tipchai/Pixabay )
[Ilustrasi] Seks yang ideal tentu harus memuaskan baik lelaki maupun perempuan. Salah satu faktor yang penting agar hubungan seks bisa saling memuaskan adalah gairah atau libido. (Sasin Tipchai/Pixabay )

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Bolehkah berhubungan seks sebelum tes pap smear ? Hal tersebut mungkin jadi pertanyaan banyak kaum hawa.

Dilansir dari Suara.com, tes pap smear adalah alat skrining untuk mendeteksi kanker serviks. Tes ini berfungsi memeriksa sel-sel prakanker atau kanker pada leher rahim, yang merupakan pembukaan rahim.

Prosedur tes pap smear ini dari sel-sel serviks yang dikumpulkan, kemudian diperiksa di laboratorium untuk mengetahui adanya kelainan.

 

Berhubungan seks Sebelum Tes Pap Smear

Jika Anda melakukan hubungan seks tepat sebelum pap smear, cobalah untuk konsultasikan dengan dokter. Dokter kemungkinan besar akan tetap melakukan pap smear dan informasi tersebut bisa digunakan sebagai pertimbangan untuk langkah selanjutnya.

Baca Juga: Bandung Gelar PTM Terbatas, Ini Aturan yang Orang Tua Siswa Wajib Tahu

Jika proses tes pap smear berjalan lancar dan tidak ada kekhawatiran khusus untuk kanker serviks, biasanya dokter tidak akan menjadwalkan tes pap smear ulang. Jika ada kekhawatiran karena alasan tertentu, dokter mungkin akan menjadwalkan ulang tes pap smear lanjutan dan menyarankan Anda tidak berhubungan seks tepat sebelum pemeriksaan.

Selain itu, Anda juga tidak diperbolehkan berhubungan seks pada malam hari sebelum tes pap smear. Seperti halnya hubungan seks sebelum tes pap smear, seks bisa mengobarkan jaringan atau menyebabkan keluarnya cairan yang bisa menunjukkan hasil tidak normal.

Selain itu, hubungan seks menggunakan kondom atau pengalaman lainnya pun tetap tidak dianjurkan sebelum tes pap smear. Karena, hubungan seks pakai kondom juga bisa menyebabkan peradangan pada jaringan vagina atau iritasi.

Prosedur Tes Pap Smear

Dilansir dari Alodokter.com, Tes Pap Smear dilakukan oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Prosesnya hanya berlangsung sekitar 10–20 menit. Berikut ini adalah tahapan yang dilakukan dokter dalam pap smear:

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ciri atau Tanda Pria dan Wanita Selingkuh

Rabu, 18 Mei 2022 | 12:06 WIB

Makan Malam, Menaikkan Berat Badan atau Tidak?

Selasa, 17 Mei 2022 | 16:18 WIB

5 Cara Menghilangkan Batuk dalam Sekejap

Senin, 16 Mei 2022 | 23:43 WIB

5 Ciri Anda Kecanduan Seks, Cek Segera!

Senin, 9 Mei 2022 | 14:47 WIB
X