Makanan Kuah Bening Lebih Sehat ketimbang Santan, Manjur Mengurangi Asupan Garam

- Kamis, 2 September 2021 | 22:27 WIB
Makanan kuah bening terbukti lebih sehat ketimbang makanan yang mengandung santan. Satu manfaatnya, mengurangi asupan garam dalam tubuh. (Pixabay/roDesignment)
Makanan kuah bening terbukti lebih sehat ketimbang makanan yang mengandung santan. Satu manfaatnya, mengurangi asupan garam dalam tubuh. (Pixabay/roDesignment)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Makanan kuah bening terbukti lebih sehat ketimbang makanan yang mengandung santan. Salah satu manfaatnya, ialah mengurangi asupan garam dalam tubuh.

Konsumsi garam berlebihan sering dikaitkan dengan sejumlah masalah bagi kesehatan. Agar asupan garam tak berlebihan, maka pilihlah makanan dengan kuah bening ketimbang bersantan.

"Pilih kuah bening ketimbang yang menggunakan santan atau bahan-bahan yang membuat lebih kental," ujar dokter spesialis gizi klinik dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dr. Arti Indira, Mgizi, Sp.Gk, FINEM, dalam diskusi virtual bersama media, Kamis.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan asupan garam per hari tak lebih dari satu sendok teh atau untuk natrium sebanyak 2300 mg.

Konsumsi berlebihan dapat memicu tekanan darah tinggi, risiko stroke yang lebih tinggi, gagal jantung, osteoporosis, kanker perut, dan penyakit ginjal

Sebuah studi dalam jurnal Circulation pada awal tahun 2021 juga menemukan, kelebihan asupan garam bisa mencegah sel sistem kekebalan bekerja secara normal untuk jangka waktu lama. Akibatnya, bisa terjadi inflamasi atau peradangan di dalam tubuh.

Arti dan para pakar kesehatan pun sepakat menyarankan orang-orang membatasi asupan garam. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, antara lain memilih makanan yang segar dan membatasi penggunaan penyedap lalu menggantinya dengan rempah-rempah.

Selain itu, cobalah memilih nasi yang tidak ada rasanya. Hindari mencocol atau menyiram makanan dengan kuah atau kaldu.

Bila ingin menyantap makanan yang diproses, sebaiknya pilihlah yang reduce atau low salt. Informasinya bisa dilihat dari label nutrisi di kemasan.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB

Tips Diet dengan Konsumsi Kopi, Emang Bisa?

Minggu, 16 Januari 2022 | 11:00 WIB

Gejala DBD Anak, Waspadai Selama Musim Hujan

Minggu, 16 Januari 2022 | 10:00 WIB

Cara Menyelamatkan Diri saat Gempa Bumi kata BNPB

Jumat, 14 Januari 2022 | 17:05 WIB

4 Dampak Buruk Akibat Nonton Film Porno

Jumat, 14 Januari 2022 | 12:14 WIB
X