Manfaat Daun Jeruk Purut dan 7 Keajaibannya untuk Kesehatan

- Rabu, 1 September 2021 | 08:05 WIB
Manfaat daun jeruk purut jarang diketahui. Tidak hanya digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan yang sedap, daun jeruk purut ternyata menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan. (Shutterstock)
Manfaat daun jeruk purut jarang diketahui. Tidak hanya digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan yang sedap, daun jeruk purut ternyata menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan. (Shutterstock)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Berikut ini ulasan manfaat daun jeruk purut yang jarang diketahui. Tidak hanya digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan yang sedap, daun jeruk purut ternyata menawarkan segudang manfaat bagi kesehatan. Yuk, simak apa saja khasiat daun jeruk purut yang tentu sayang dilewatkan!

Manfaat daun jeruk purut

Di Indonesia, daun dari jeruk purut kerap dipakai dalam berbagai hidangan, seperti sup, kari, nasi, tumis, hingga salad. Pasalnya, daun dengan warna hijau ini memiliki aroma yang khas dan wangi, sehingga cocok dijadikan sebagai bumbu penyedap.

Selain menawarkan aroma yang menarik, daun jeruk purut mempunyai segudang khasiat bagi kesehatan tubuh. Dinukil Hellosehat.com, berikut ini beberapa manfaat daun jeruk purut yang bisa Anda peroleh, baik dengan mengonsumsinya atau memakainya secara topikal.

Baca Juga: Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah Taklukan Diabetes, Kolesterol, Darah Tinggi, hingga Kanker

1. Memelihara kesehatan mulut
Salah satu khasiat daun jeruk purut yang cukup penting yaitu memelihara kesehatan mulut.

Cara penggunaannya pun mirip dengan daun sirih. Anda hanya perlu mengoleskan daun langsung ke gusi untuk menghilangkan bakteri berbahaya pada mulut. Hal ini telah dibuktikan melalui penelitian yang dimuat dalam jurnal Nutrition.

Studi tersebut menujukkan bahwa ekstrak daun jeruk purut dapat menghambat aktivitas S. mutants. Artinya, bahan ini bermanfaat dalam mencegah pembentukan biofilm (kumpulan sel mikroorganisme) pada permukaan gigi dan mengurangi risiko karies gigi.

2. Mengurangi peradangan
Daun jeruk purut menawarkan manfaat berupa mengurangi peradangan di tubuh. Kandungan terpenoid dalam daun jeruk purut dikenal sebagai jenis antioksidan yang dapat melawan peradangan.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Penyebab Osteoporosis di Usia Muda, Apa Saja?

Rabu, 26 Januari 2022 | 16:08 WIB

Gejala Omicron Paling Buruk, Kenali 10 Daftarnya

Rabu, 26 Januari 2022 | 15:43 WIB

Penyebab Serangan Jantung yang Sering Diabaikan

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:43 WIB

Awas Ukuran Penis Mengecil, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 18:29 WIB

Video Belatung di Vagina Wanita Dr Boyke Turun Tangan

Minggu, 16 Januari 2022 | 13:55 WIB
X