Berawal dari Hobi, Ani Berhasil Kembangkan Bisnis Soes Kekinian

- Senin, 15 Mei 2023 | 16:31 WIB
Nukuma Soes, kues soes kering hasil produksi UMKM di Rancamanyar, Kabupaten Bandung. (Ayobandung.com/Rizma Riyandi)
Nukuma Soes, kues soes kering hasil produksi UMKM di Rancamanyar, Kabupaten Bandung. (Ayobandung.com/Rizma Riyandi)

AYOBANDUNG.COM -- Dua orang perempuan muda tampak sibuk mengatur letak loyang ke dalam oven berukuran jumbo. Sedangkan dua wanita paruh baya terlihat mengukur bahan baku seperti terigu dan gula.

Selain mereka, ada dua orang perempuan lain berusia pertengahan tiga puluh sedang melakukan packing produk. Semua aktivitas tersebut dilakukan di rumah produksi berukuran sekitar enam kali 10 meter persegi.

Suasana di rumah itu tampak sibuk. Dari pintu depan sudah terlihat berjenis-jenis wadah packing ditumpuk dalam rigen. Di ruang tengah terdapat dua oven raksasa yang biasa dioperasikan sepanjang hari. Sementara ruangan belakang dijadikan tempat penyimpanan bahan baku.

Di rumah yang terletak di Rancamayar, Kabupaten Bandung itu, Ani Widiastuti (43) menjalankan proses produksi usahanya. Setiap hari ia dan para karyawan memproduksi kue soes dan brownies kering.

"Pembuatan kue soes kering ini prosesnya cukup panjang. Bisa sampai dua hari, dari menimbang bahan baku sampai packing," ungkap Ani.

Mula-mula bahan baku ditimbang sesuai takaran. Proses produksi sendiri dimulai dengan pembuatan kulit soes.

Untuk membuat kulit, bahan-bahan dicampur dan dicetak. Kemudian dipanggang dan dikeringkan. Selagi proses pembuatan kulit berlangsung, sebagian karyawan fokus membuat isian soes.

Kulit soes setelah dicetak dan akan dimasukkan ke dalam oven (Ayobandung.com Rizma Riyandi)
Kulit soes setelah dicetak dan akan dimasukkan ke dalam oven (Ayobandung.com Rizma Riyandi)

Rentetan proses itu biasanya berlangsung sampai sehari. Sampai di hari kedua, barulah kulit soes dimasukan isian dengan berbagai varian rasa. Kemudian dikemas di hari yang sama.

Perjalanan Nukuma Soes

Selain di rumah tersebut, Ani juga menjadikan tempat tinggalnya yang masih satu komplek sebagai lokasi kerja Admin. Tugas Admin sendiri merapikan data, melayani pesanan online, sampai mencatat kegiatan harian usaha.

Ani sendiri sudah menjalankan bisnisnya sekitar 12 tahun. Namun pada 2011, ia masih tinggal di Padalarang dan baru memproduksi berbagai jenis kue basah serta snack box. Belum fokus seperti sekarang.

"Dulu kan awalnya hobi bikin kue. Pas anak ketiga lahir mulai diseriusin tuh, mau bikin usaha ah, sekalian memberdayakan tetanggga," kata ibu tiga anak itu pada Ayobandung.com di kediamannya pada Senin, 8 Mei 2023.

Tidak hanya memproduksi kue, saat itu Ani sudah berusaha memasarkan produk dengan mengikuti komunitas-komunitas yang ada. Karena order yang kian meningkat, di tahun 2015, Ani pun mulai fokus membuat satu jenis kue, yaitu soes kering.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Nikmatnya Bandros, Kelezatan Kuliner Khas Bandung

Jumat, 25 Agustus 2023 | 16:41 WIB

Kuliner Bandung : Yummy… Lezatnya Makan Cuanki

Jumat, 25 Agustus 2023 | 16:01 WIB

Lumpia Basah Makanan Khas Bandung yang Wajib Dicoba!

Kamis, 24 Agustus 2023 | 11:57 WIB
X