Foto Selfie dengan KTP Dijual Bebas, Waspadai Modusnya

- Jumat, 25 Juni 2021 | 15:40 WIB
Foto selfie dengan KTP dijual.
Foto selfie dengan KTP dijual.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Seorang warganet membagikan temuan terkait ada akun yang menjual-belikan data pribadi warga negara Indonesia. Tak tanggung-tanggung, bahkan berupa foto selfie dengan KTP secara jelas.

Yakni akun Twitter @recehvasi membagikan sebuah akun Facebook yang menawarkan data pribadi. Terlihat beberapa contoh data penting tersebut dijual secara online.

Lebih mencengangkan lagi, disediakan foto selfie dengan KTP berkuran besar sehingga terlihat jelas. Lengkap pula dengan foto detail data pribadi dalam kartu tanda penduduk tersebut.

"Data dan fotomu bisa dijual oleh orang-orang tidak bertanggungjawab. WASPADALAH!" tulis akun Twitter @recehvasi.

Sayangnya tidak diketahui berapa harga yang ditawarkan penjual data pribadi ini. Namun penjual mengaku data-data ini masih segar, alias baru didapatkan belum lama.

Dinukil dari Hitekno.com foto selfie dengan KTP memang bukan hal baru, dan banyak diterapkan untuk melakukan verifikasi data pribadi. Umumnya lembaga keuangan yang memintanya untuk pengecekan kebenaran data.

Namun kini, ada penjual yang menawarkan data-data dari warga. Bahayanya, foto-foto tersebut bisa dimanfaatkan oleh pihak tidak bertanggungjawab untuk berbuat jahat.

Postingan temuan jual-beli data ini pun ramai mendapatkan sorotan netizen lainnya di Twitter.

"Ketika pembuatan rek digital modelnya begini foto selfie sm ktp, rawan sekali" komentar netizen.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Pre Order Dibuka, Segini Harga Samsung Galaxy M52 5G

Senin, 25 Oktober 2021 | 21:55 WIB

20 Daftar HP Murah RAM 6 GB Terbaru dan Terbaik 2021

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 18:27 WIB
X