Cara Punya Pendapatan Pasif sebagai Sumber Uang Tambahan

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 08:15 WIB
Anak Menabung.
Anak Menabung.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Cari uang tambahan menjadi hal selalu dipikirkan setiap orang. Mungkin hampir seluruh individu sedang mempertimbangkan untuk melakukan hal ini. Apalagi di saat pandemi Covid-19 melanda seluruh masyarakat di dunia.

Mendapatkan uang tambahan bisa dikatakan menjadi misi utama bagi individu yang saat ini sudah memiliki pekerjaan utama. Hal ini tentu tidak heran karena saat ini, uang sangatlah ‘senstif’ bagi banyak orang. Salah satu penyebabnya adalah cukup banyaknya karyawan yang secara terpaksa harus dihentikan dikarenakan kantor tidak sanggup membiayai upah karyawannya. Alhasil, banyak yang kebingungan bagaimana cara untuk memenuhi kebutuhan keluarga, khususnya para tulang punggung keluarga.

Misi utama sosok tulang punggung keluarga tentu saja untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. Namun, bagaimana cara mereka memenuhi kebutuhan keluarganya jika penghasilan pun tidak ada? Jawabannya tidak lain dan tidak bukan ialah mencari pekerjaan lain untuk mendapatkan penghasilan. Tapi, tahukah Anda terdapat alternatif lain yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan? Jawabannya ialah Pendapatan Pasif.

Apa Itu Pendapatan Pasif?

Pendapatan Pasif merupakan istilah yang tidak asing di dunia ekonomi. Bisa dikatakan bahwa pendapatan pasif menjadi salah satu cara yang cukup menyenangkan untuk menghasilkan uang tambahan, karena tidak membutuhkan banyak upaya untuk memperolehnya. Dengan kata lain, bukan Anda yang bekerja untuk uang, melainkan sebaliknya.

Perlu digaris bawahi bahwa istilah ‘uang bekerja untuk kita’ bukan berarti Anda tidak melakukan apa-apa. Anda tetap harus melakukan usaha awal terlebih dahulu, meskipun tidak seberat ketika bekerja full time. Itulah mengapa pendapatan pasif erat kaitannya dengan investasi. Hal ini dikarenakan investasi membutuhkan uang untuk disimpan terlebih dahulu untuk kemudian dituai hasilnya dalam kurun waktu tertentu.

Ingat, baik pendapatan aktif maupun pasif, keduanya tetap akan dikenakan pajak penghasilan, meskipun besarannya berbeda. Anda tetap harus patuh memenuhinya karena sudah menjadi kewajiban bagi yang sudah bekerja.

 

Cara Mendapatkan Pendapatan Pasif

Dilansir dari Forbes.com, terdapat beberapa jenis investasi yang bisa Anda pilih untuk mendapatkan pendapatan pasif, di antaranya:

  1. Investasi Properti Pribadi

Menyewakan properti yang sudah Anda miliki sebelumnya menjadi salah satu cara yang paling sering dilakukan masyarakat Indonesia. Anda bisa menyewakan properti ke siapapun, kapanpun, dan dimanapun. Namun, Anda juga harus mempertimbangkan mengenai biaya perawatan juga perbaikan gedung sebelum seseorang menyewa properti Anda. Idealnya bangunan properti Anda dihargai menyesuaikan dengan kondisi ekonomi seiring waktu.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

Aplikasi Pembukuan Terbaik Untuk UMKM

Jumat, 17 September 2021 | 17:18 WIB

Layanan bjb Precious Rebranding Menjadi bjb Prioritas

Jumat, 17 September 2021 | 14:30 WIB
X