Implementasikan ETPD, Daerah di Jabar Raih Kinerja Menggembirakan

- Selasa, 27 Juli 2021 | 12:40 WIB
RAKORWIL TP2DD DAN TPID SE-JAWA BARAT 2021
RAKORWIL TP2DD DAN TPID SE-JAWA BARAT 2021

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sebagai salah satu upaya berkelanjutan untuk mendukung pemulihan ekonomi Jawa Barat, Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat turut ikut dalam penyelenggaraan Rapat Koordinator Wilayah Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) dan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) se-Jawa Barat Tahun 2021 secara virtual, Selasa, 27 Juli 2021. 

Kepala Perwakilan BI Jawa Barat, Herawanto dalam sambutannya menyampaikan, upaya percepatan dan perluasan implementasi elektronifikasi transaksi Pemda (ETPD) yang dilakukan Pemda dalam beberapa bulan terakhir telah berhasil meraih capaian kinerja yang menggembirakan. 

Jumlah Pemda yang termasuk kategori pada tahap digital di Jawa Barat meningkat signifikan, dari 9 Pemda menjadi 20 Pemda pada posisi triwulan II tahun 2021. Selain itu, berdasarkan hasil survei ETPD yang terakhir dilakukan oleh Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (atau Satgas P2DD) di tingkat pusat, peringkat Provinsi Jawa Barat secara nasional dalam implementasi ETPD juga berhasil merangkak naik dari 9 menjadi 3 besar. Herawanto menambahkan, seluruh jajaran Bank Indonesia di wilayah Jawa Barat menyampaikan apresiasi atas prestasi luar biasa yang dicapai oleh Provinsi Jawa Barat ini. 

"Tidak hanya dalam transaksi keuangan, adopsi teknologi digital juga telah diterapkan oleh pemerintah daerah di Jawa Barat dalam upaya pengembangan ekonomi dan penguatan ketahanan pangan, termasuk pengendalian inflasi di Jawa Barat yang diwujudkan dalam strategi  pengendalian inflasi 4K, yaitu Keterjangkauan harga, Ketersediaan pasokan, Kelancaran distribusi dan Komunikasi efektif," ujar Herawanto. 

Implementasi teknologi digital ini antara lain diwujudkan dengan dikembangkannya e-Logistik Jawa Barat, digital farming, Sistem Informasi Lalu Lintas Ternak Terintegrasi (SILAT), e-Fishery, kolaborasi dengan pelaku e-commerce, Petani Milenial, serta Sistem Informasi Pengendalian Inflasi Daerah (SILINDA). 

Untuk provinsi seperti Jawa Barat, digitalisasi dalam program pengendalian inflasi menjadi hal yang harus semakin diwujudkan. Digitalisasi ini perlu dilakukan melalui berbagai inovasi dari sisi produksi, pengolahan, distribusi, pemasaran maupun pembiayaan dan pembayaran. Di masa pandemi, digitalisasi memberi kemudahan dalam mempertemukan produk barang dan jasa yang dihasilkan para penjual dengan kebutuhan masyarakat sebagai konsumen tanpa atau dengan pertemuan fisik secara minimal. 

Digitalisasi juga dapat mendorong kualitas dan kuantitas produksi. Lebih lanjut, digitalisasi dapat membantu ketersediaan pasokan, melalui implementasi teknologi dalam produksi sehingga menjembatani pertemuan antara sisi supply dan sisi demand secara lebih efisien. Jangkauan distribusi barang dan jasa juga akan lebih luas, karena teknologi digital mampu menerobos sekat jarak dan waktu. Interkonektivitas antarpelaku ekonomi akan meningkat sehingga menciptakan efisiensi ekonomi dengan rantai distribusi yang semakin pendek. 

"Dari sisi kebutuhan akan komunikasi yang lebih efektif, digitalisasi ekonomi akan membantu mengurangi terjadinya informasi asimetris, sehingga harga barang dan jasa relatif lebih terkendali. Di sisi lain, jenis barang/jasa yang dikonsumsi akan lebih beragam karena semakin banyak barang/jasa yang dikenal dan diketahui kondisi pasokannya oleh masyarakat konsumen," kata Herwawanto. 

Sementara, digitalisasi juga menawarkan berbagai kemudahan berbagai layanan perbankan digital, baik dari sisi ketersediaan maupun sisi kecepatan. Melalui TP2DD baik di level provinsi maupun kabupaten/ kota di wilayah Jawa Barat, selayaknya berbagai upaya tersebut terus didorong dan dikembangkan, sehingga akan semakin bermunculan program-program inovatif dalam pengendalian inflasi daerah. 

Halaman:

Editor: Administrator

Tags

Terkini

Aplikasi Pembukuan Terbaik Untuk UMKM

Jumat, 17 September 2021 | 17:18 WIB

Layanan bjb Precious Rebranding Menjadi bjb Prioritas

Jumat, 17 September 2021 | 14:30 WIB

8 Jenis Pekerjaan Paling Dicari Perusahaan Tahun 2021!

Jumat, 10 September 2021 | 20:06 WIB

7 Tips Mencari Lowongan Kerja saat Pandemi Covid - 19

Kamis, 9 September 2021 | 15:23 WIB

6 Cara Cepat Kaya dengan Mudah Tanpa Perlu Kecurangan

Kamis, 9 September 2021 | 14:59 WIB
X