Waspada! Ini Ciri-ciri Aplikasi Pinjol Ilegal, Mesti Dihindari

- Selasa, 29 Juni 2021 | 12:05 WIB
Ilustrasi pinjaman online
Ilustrasi pinjaman online

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Aplikasi pinjaman online yang tidak mengantongi izin OJK kerap kali membuat resah masyarakat, entah itu karena cara menagih kreditnya yang tidak beretika, bunga pinjaman yang tinggi, atau bahkan memberi pinjaman kepada orang yang tidak mengajukan pinjaman sama sekali.

Untuk mengantisipasi kerugian akibat pinjol ilegal, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Indonesia membagikan informasi mengenai ciri-ciri pinjol yang tidak mengantongi izin alias ilegal. Berikut ciri-cirinya:

1. SMS Spam

Pinjol ilegal biasanya menawarkan pinjaman lewat spam SMS yang disertai dengan tautan. Jika tautan itu diklik, bisa jadi pengguna akan dikirim dana pinjaman tanpa adanya pengajuan dan harus membayar sejumlah tagihan.

2. Biaya administrasi yang tinggi

Pinjol ilegal kerap kali menawarkan pinjaman dengan biaya administrasi yang tinggi. Besaran biayanya bahkan bisa sampai 40% dari jumlah pinjamannya sendiri.

3. Suku bunga dan denda yang tinggi

Suku bunga dan denda pinjol biasanya memiliki angka yang tidak masuk akal. Perharinya bisa mencapai 1%-4%.

4. Jangka waktu pelunasan yang singkat

Saat meminjam kepada pinjol ilegal, di form peminjamannya tercantum jangka waktu pelunasan. Meski misalnya di form tercantum 28 hari atau 90 hari, saat pinjaman sudah diajukan, jangka waktunya bisa tiba-tiba berubah menjadi tujuh hari saja.

5. Meminta daftar kontak pribadi

Juru bicara OJK, Sekar Putih Djarot, mengatakan bahwa aplikasi yang meminta kontak pribadi dapat dipastikan sebagai pinjol ilegal. Pasalnya, OJK membatasi jasa fintech lending untuk mengakses kamera, mikrofon, dan lokasi.

"OJK membatasi fintech lending yang sudah terdaftar dan berizin hanya dapat mengakses camera, microphone, dan location atau yang kami sebut dengan singkatan CAMILAN. Jika ada yang meminta daftar kontak pribadi, dipastikan adalah pinjol ilegal. Segera tolak dan abaikan," ujar Sekar melalui akun Instagram resmi OJK Indonesia.

6. Penagihan yang tidak beretika

Penagihan yang tidak beretika dapat berupa teror, intimidasi, dan pelecehan. Pinjol ilegal bahkan bisa menghubungi kontak yang tidak tercantum di kontak pribadi untuk mempermalukan dan mengintimidasi pihak yang ditagih.

Halaman:

Editor: Rizma Riyandi

Tags

Terkini

bank bjb Resmikan Kantor bjb Sekuritas di Kota Bandung

Selasa, 26 Oktober 2021 | 12:30 WIB
X