Netizen ke Shopee: Ketimbang Bayar Atta-Aurel Mending Bayar Kurir

- Selasa, 13 April 2021 | 10:39 WIB
Logo market place belanja online, Shopee.
Logo market place belanja online, Shopee.

TEBET, AYOBANDUNG.COM — Salah satu market place belanja online asal Singapura yang mempunyai cabang di Indonesia, Shopee, tengah menjadi pembicaraan publik. Pasalnya, mereka diketahui memotong gaji kurir yang berdampak pada kesejahteraan karyawan.

Seperti yang diketahui, Shopee memiliki jasa tersendiri dalam pengiriman barang konsumen yaitu Shopee Express. Salah satu unggahan warganet (netizen) di Twitter membagikan pesan personalnya kepada salah satu kurir Shopee Express.

Hal itu dilakukan lantaran pesanan paket yang menggunakan jasa Shopee Express tidak kunjung datang. Ternyata, setelah dimintai keterangan, para kurir melakukan aksi mogok kerja.

"Maaf kak saya lagi gak kerja soalnya lagi demo di gudang shopee. kemungkinan juga saya keluar kerja udah gak enak kak harusnya di bayar 2 ribu per 1 paket, ini dikurangi jadi 1.500. makanya pada demo, ga ada yang masuk (kurir)," kata salah satu kurir Shopee Express melalui unggahan netizen @cibiwiranegara.

Unggahan tersebut cukup ramai menyita perhatian warganet di twitter dengan lebih dari 13 ribu likes dan 4 ribu retweets. Berdasarkan pantauan Ayojakarta pada kolom balasan, banyak yang mencibir market place yang identik dengan warna oranye itu.

"Daripada bayarin artis korea mulu, mending tu bayar kurir dengan layak," ketus seorang netizen.

"Daripada bayar Atta Aurel dan artis-artis gak penting, mending turunin biaya admin seller," ujar netizen lainnya.

Tidak hanya memotong gaji kurir, akhir-akhir ini Shopee dinilai tidak melakukan transparansi dalam pemilihan jasa kurir oleh konsumen. Biasanya konsumen bisa memilih jasa pengiriman ketika akan melakukan pembayaran.

Namun, saat ini konsumen tidak dapat memilih secara bebas. Konsumen baru dapat memilih jasa kurir yang diinginkan ketika sudah melakukan pembayaran dan hanya diberikan waktu satu jam. Setelah lewat dari satu jam pembayaran, konsumen tidak dapat lagi mengganti jasa kurir.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Saham Teknologi Terus Dilirik Investor

Kamis, 14 Oktober 2021 | 10:07 WIB

bank bjb Raih Tiga Penghargaan TOP GRC Awards

Kamis, 7 Oktober 2021 | 17:31 WIB

Ciri UMKM Lolos Jadi Penerima BLT BPUM Oktober 2021

Senin, 4 Oktober 2021 | 21:12 WIB

6 Tips Memulai Bisnis Baru bagi Pemula, Dijamin Sukses

Kamis, 30 September 2021 | 16:04 WIB
X