Pekerja Pegadaian Tasik Tolak Holding BUMN

- Senin, 22 Februari 2021 | 15:32 WIB
Logo Pegadaian, Indonesia.
Logo Pegadaian, Indonesia.

CIAMIS, AYOBANDUNG.COM--Serikat Pekerja Pegadaian Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Tasikmalaya bersikukuh menolak rencana holding dan akuisisi BUMN antara PT Pegadaian dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM dan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Ketua Serikat Pekerja DPC Tasikmalaya Yono Wiyana Iskandar mengatakan, seluruh pekerja Pegadaian menolak rencana holding dan akuisisi tersebut. Pegadaian merupakan salah satu BUMN sehat dan menyumbangkan laba bagi negara.

"Kami Serikat Pekerja Pegadaian menolak holding dan akuisisi dengan BRI">Bank BRI. Alasan kami jelas, Pegadaian adalah perusahaan yang sehat," ujar Yono saat ditemui di kantornya di Unit Pembantu Cabang Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, Senin (22/2/2021).

Dia bersama pekerja lainnya khawatir para pegawai seperti penaksir dan kasir diambil alih BRI">Bank BRI sehingga Pegadaian tak memiliki penaksir lagi.

"Kami juga khawatir nantinya kalau diholding dan akuisisi, Pegadaian ini menjadi anak perusahaan BRI">Bank BRI. Sejauh ini Pegadaian kan berdiri sendiri sudah berdiri sejak 1901," ucapnya.

Yono menjelaskan, bentuk penolakan yang dilakukan para pekerja yaitu dengan mengenakan pita hitam selama Februari 2021. Kendati demikian, pihaknya mendukung rencana pemerintah untuk mengintegrasi ultra mikro.

"Rencana pemerintah untuk integrasi ultra mikro atau bisnis kami dukung. Namun, terkait dengan holding dan akuisisi dengan BRI">Bank BRI, sesuai sikap dari serikat pekerja kami menolaknya," ucapnya.

Lebih lanjut Yono menegaskan, rencana holding dan akuisisi memang sudah digaungkan pihak kementerian BUMN sejak tiga bulan ke belakang. Namun, dalam hal ini pihak pekerja Pegadaian khususnya melihat dulu holding dan akuisisi itu barang berbentuk apa.

"Setelah adanya penerangan dari pihak BRI">Bank BRI, jadi sarana atau seluruh fasilitas-fasilitas lainnya, suruh pekerja itu menolak holding dan akuisisi," kata dia.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

bank bjb Resmikan Kantor bjb Sekuritas di Kota Bandung

Selasa, 26 Oktober 2021 | 12:30 WIB
X