6 Tanda Kecanduan Belanja Online, Termasuk Selalu Cemas

- Selasa, 8 Desember 2020 | 14:01 WIB
[Ilustrasi] Apa Anda merasa selalu cemas? Mungkin Anda sudah kecanduan belanja online.
[Ilustrasi] Apa Anda merasa selalu cemas? Mungkin Anda sudah kecanduan belanja online.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Apa Anda merasa selalu cemas? Mungkin Anda sudah kecanduan belanja online.

Masalah kesehatan mental jadi sorotan selama pandemi Covid-19 ini, terlebih angka kecanduan belanja online yang kecenderungannya meningkat.

Peningkatan stres selama pandemi memang tidak selalu berhubungan dengan depresi. Namun tanda stres ternyata bisa terlihat dari adanya kecanduan belanja online.

Hal ini karena efek dopamin atau hormon bahagia yang keluar saat belanja sehingga membuat orang ketagihan, akhirnya melakukannya lagi dan lagi.

Lalu tanpa sadar uang mereka terkuras, terlilit hutang dan menyesal setelah melakukannya.

Konsultan dan Terapis Margaret King mengatakan, banyak klien banyak datang kepadanya bermasalah dengan kebiasaan berbelanja selama karantina saat pandemi Covid-19.

"Saya punya klien baru yang datang setelah menyadari jika mereka menghabiskan waktu di situs belanja dan membeli barang yang tidak dibutuhkan, namun mereka merasa bahagia saat berbelanja," kata Margaret, mengutip Metro, Jumat (9/10/2020).

Akhirnya, kata Margaret, kliennya ini merasa malu dan membenci diri sendiri karena menghabiskan uang untuk barang yang tidak mereka butuhkan.

"Klien-klien ini terpengaruh lockdown atau pandemi. Beberapa orang menghabiskan uang dan hari-hari mereka bekerja dari rumah dan tidak sesibuk saat bekerja di kantor," ungkap Margaret.

Halaman:

Editor: M. Naufal Hafizh

Tags

Terkini

X