Gaya Hidup Slow Fashion, Bagaimana Cara Memulainya?

- Selasa, 3 Agustus 2021 | 20:50 WIB
Ilustarsi fashion pakaian yang semakin meningkat.
Ilustarsi fashion pakaian yang semakin meningkat.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Fashion merupakan salah satu industri yang cukup cepat menagkap konsumen dan memproduksi pakaian di zaman serba cepat ini. Media sosial sebagai wadah online shop menjadikan masyarakat menjadi mudah tergiur oleh fashion yang sedang populer.

Jika mengaitkannya dengan masalah lingkungan, industri fashion termasuk ke dalam penyumbang limbah yang sangat besar. Mengutip dari halalam unfashionalliance.org, disebutkan bahwa industri tekstil menyumbangkan limbah sebesar 20 persen dari limbah air di dunia. Hal tersebut menjadikan industri fashion memberikan sumbangan emisi karbon sebesar 10 persen bagi alam.

Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk memperhatikan konsekuensi jangka panjang terkait penggunaan pakaian secara berlebih. Salah satu solusinya adalah dengan mulai menerapkan gaya hidup slow fashion. 

Melansir dari laman zerowaste.id, slow fashion merupakan praktik yang didasari atas produksi dan pemakaian fashion dalam rentang waktu lama, daya tahan dan kualitas tinggi, serta produksi yang ramah lingkungan.

Bagi yang ingin menerapkan gaya hidup slow fashion, berikut tips yang sudah dirangkum oleh Ayobandung.com, antara lain:

Memanfaatkan barang fashion yang sudah ada

Hal yang paling mudah dilakukan dalam memulai slow fashion adalah dengan menggunakan pakaian atau aksesoris yang sudah ada. Tak jarang banyak orang yang memutuskan untuk membeli pakaian baru ketika hendak bepergian ke sebuah acara, namun mereka tak memikirkan jangka panjang pemakaian baju tersebut apakah bisa dipakai untuk berbagai acara atau acara tertentu saja.

Memusatkan perhatian pada pakaian dan aksesoris yang sudah ada bisa membuat kita berpikir kembali ketika hendak membeli baju, sepatu atau tas baru. Dengan begitu, kita bisa memanfaatkan keuangan kita untuk keperluan lain yang lebih penting daripada sekadar membeli barang fashion tanpa memperhatikan pemanfaatan jangka panjangnya.

Meminjam atau menukar pakaian

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Gaya Hidup Slow Fashion, Bagaimana Cara Memulainya?

Selasa, 3 Agustus 2021 | 20:50 WIB

Tips Memilih Peralatan Dapur Untuk Rumah

Sabtu, 31 Juli 2021 | 17:06 WIB

Tren 'Thrifting', Tampil Keren Tak Harus Mahal

Senin, 21 Juni 2021 | 14:10 WIB

Ini Tips Pilih Parfum Sesuai Suasana Hati

Selasa, 1 Juni 2021 | 19:33 WIB
X