Cerita Inspiratif Produsen Tas Labuse, Keluar dari Kantor demi Kembangkan UMKM di Bandung

- Senin, 8 Februari 2021 | 11:56 WIB
Salah satu produk tas Labuse
Salah satu produk tas Labuse

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM — Dengan modal awal hanya sekitar 1 juta rupiah, Labuse sampai saat ini telah meraih pendapatan kotor kurang lebih 10 juta per bulan.

Bagi seorang pria muda seperti Dindin Rasdi, jumlah tersebut tentu cukup besar. Terutama pada masa pandemi, ia bersyukur produk UMKM-nya masih bisa berjalan sesuai rencana. 

"Karena sekarang lagi masa pandemi, untuk peningkatan pendapatan agak berat. Labuse masih bisa berjalan dan bertahan adalah sebuah pencapaian terbesar untuk saat ini di masa pandemi," tutur Dindin, saat dihubungi ayobandung.com, Senin (8/2/2021).

Labuse sudah berjalan sejak pertengahan 2019. Sejak awal beroperasi sampai sekarang, semua proses produksi dan penjualan masih dijalankan sendiri oleh Dindin.

Mulanya, pada 2019, Dindin belum terlalu fokus, karena masih sambil bekerja. Pada akhir 2019, Dindin memutuskan untuk berhenti bekerja dan lebih fokus serta mendalami pengembangan UMKM. 

Ketika ditanya tentang alasan terkuat sampai nekat keluar dari pekerjaan kantoran-nya, Dindin berujar: "Karena saya ingin suatu saat tidak bergantung pada gaji bulanan, ya solusi menurut saya harus punya usaha sendiri. Maka dari itu saya nekat lepas kerja demi Labuse."

Dindin menilai, Bandung, sebagai salah barometer fesyen di Indonesia, amat mendukung kelahiran banyak pekerja kreatif. Tak ketinggal untuk dunia UMKM, banyak merek-merek ternama yang merintis usahanya di Bandung; dan kemudian sukses secara nasional.

"Awalnya (saat membuat Labuse), saya ingin sekali punya brand sendiri. Kebetulan saya tinggal di Bandung. Tahu 'kan bandung, sebagai pusat fashion, banyak brand ternama yang muncul dari Bandung (misalnya: Eiger). Kenapa tidak saya juga bikin brand sendiri (?)."

Ada cerita unik di balik kelahiran produk UMKM tersebut. Menurut Dindin, nama Labuse di ambil dari julukan bajak laut Olivier levasseur. 

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Ini Dia Model Baju Atasan Wanita yang Wajib Ada

Sabtu, 3 September 2022 | 07:17 WIB
X