Gudang Solar di Cimahi Meledak, Warga Panik Berhamburan ke Luar Rumah

- Senin, 2 Agustus 2021 | 13:03 WIB
Si Jago Merah melahap sebuah gudang solar di Jalan Kalidam, Kelurahan Karangmekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Senin 2 Agustus 2021 pagi. 
Si Jago Merah melahap sebuah gudang solar di Jalan Kalidam, Kelurahan Karangmekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Senin 2 Agustus 2021 pagi. 

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Si Jago Merah melahap sebuah gudang solar di Jalan Kalidam, Kelurahan Karangmekar, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Senin 2 Agustus 2021 pagi. 

Api pertama kali muncul sekitar 09.55 WIB. Diawali dengan suara ledakan keras. Asap hitam membumbung tinggi dari lokasi kebakaran yang berada di kawasan permukiman TNI. 

Api masih berkobar membakar bangunan gudang serta mess anggota TNI, dapur, serta garasi rumah warga yang ada di area jangkauan api. Sejumlah warga yang panik berhamburan keluar. 

"Warga mendengar ledakan di dalam rumah kemudian melihat  kepulan asap sehingga membuat kepanikan seluruh warga sekitar, setelah dicek ternyata ledakan berasal dari gudang solar dan merembet ke bangunan lainnya. Kemudian warga melaporkan pihak damkar," kata Komandan Regu I Damkar Kota Cimahi Indrahadi kepada wartawan.

Indrahadi mengatakan, berdasarkan keterangan saksi mata api diduga berasal dari ledakan di gudang solar tersebut. Tak perlu menunggu lama, api dengan cepat membesar karena di dalam gudang tersebut ada bahan mudah terbakar.

"Dugaan awal kebakaran menurut saksi mata itu awalnya ada ledakan di gudang drum solar. Mereka mengira itu bukan ledakan dari SPBU di sebelahnya. Tapi sadar setelah ada kepulan asap hitam pekat dan api sudah sangat besar saat mereka cek," terang Indra. 

Beruntung solar yang terbakar cepat memuai sehingga proses pemadaman tak memerlukan waktu lama dan tanpa perlu menggunakan cairan kimia untuk memadamkan kobaran api yang tersisa. 

"Kami terjunkan tiga unit pancar dan satu unit rescue. Kondisi di lokasi sangat merah, jadi kami butuh suplai air yang banyak. Kebetulan api sudah lama berkobar sehingga cadangan solar yang terbakar sudah menipis. Jadi kami tidak perlu penggunaan cairan khusus seperti AF3 dan cairan kimia lainnya untuk pemadaman," kata Indra.

Indra menyebut sebelum kebakaran di gudang solar terjadi, pihaknya masih dalam proses pendinginan di lokasi kebakaran lainnya di Jalan Ibu Ganirah, Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kita Cimahi.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Disdik Cimahi Pastikan PTM Tak Picu Klaster Baru 

Jumat, 24 September 2021 | 19:06 WIB

Bahaya Mengancam Warga Cimahi selain Covid-19

Kamis, 23 September 2021 | 18:40 WIB

Sungai-sungai di Cimahi Berwarna Hitam, Ini Penampakannya

Selasa, 14 September 2021 | 16:37 WIB
X