Vaksinasi di Cimahi Mulai Sasar ODGJ

- Jumat, 30 Juli 2021 | 17:40 WIB
Ilustrasi vaksinator.
Ilustrasi vaksinator.

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM — Pemerintah Kota Cimahi terus menggenjot vaksinasi untuk mencapai angka minimal kekebalan komunal atau herd immunity.

Untuk mempercepat tujuan ini, berbagai segmen masyarakat ikut dilibatkan mulai dari pelayan publik hingga anak-anak. 

Terbaru, Kota Cimahi menyasar vaksin Covid-19 terhadap kelompok Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Tercatat sudah ada 111 orang yang diberikan vaksin dosis pertama. 

Sekretaris Dinas Sosial, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DinsosP2KBP) Kota Cimahi, Fitriani Manan mengatakan, target ODGJ yang divaksin mencapai 792 orang.

"Cakupan ODGJ Kota Cimahi yang sudah divaksin 111 orang atau 14,01 persen dari 792 orang sasaran," kata Fitriani, Jumat 30 Juli 2021. 

Fitriani mengatakan, sebelum pasien ODGJ disuntikan vaksin Covid-19, pihaknya melakukan verifikasi dan pengecekan kondisinya terlebih dahulu. Sebab dikhawatirkan kondisinya malah tidak stabil.

Kemudian setelah dipastikan stabil, nantinya akan diperiksa petugas kesehatan apakah kondisinya layak divaksin atau harus ditunda.

"Dan untuk yang sudah divaksin itu kondisinya stabil makannya bisa divaksin," ujarnya.

Dikatakannya, pihaknya bersama kader di lapangan hanya bertugas untuk mengkondisikan klien atau pasien untuk mendatangi tempat vaksinasi seperti Puskesmas dan rumah sakit.

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Disdik Cimahi Pastikan PTM Tak Picu Klaster Baru 

Jumat, 24 September 2021 | 19:06 WIB

Bahaya Mengancam Warga Cimahi selain Covid-19

Kamis, 23 September 2021 | 18:40 WIB
X