Inspiratif! Warga Cimahi Ini Bagi Oksigen dan Pinjamkan Tabung Gratis

- Rabu, 28 Juli 2021 | 13:04 WIB
Hendra Setiawan, warga Kota Cimahi berbagi menyalurkan oksigen gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. Tiap hari ia menyediakan 24 meter kubik oksigen untuk penyaluran 1 meter kubik per orang.
Hendra Setiawan, warga Kota Cimahi berbagi menyalurkan oksigen gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. Tiap hari ia menyediakan 24 meter kubik oksigen untuk penyaluran 1 meter kubik per orang.

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Hendra Setiawan, warga Kota Cimahi, selama dua pekan terakhir mulai membagikan oksigen gratis kepada pasien Covid-19. Meski diakui bantuannya tidak banyak, ia berharap yang dilakukannya dapat meringankan sebagian beban masyarakat.

Beberapa tabung oksigen ukuran enam meter kubik yang disimpan di tempat usahanya di Jalan Baros, ia manfaatkan untuk menyalurkan bantuan. Total oksigen yang disediakan sebanyak 24 meter kubik dengan disalurkan untuk tiap warga sebanyak 1 meter kubik.

Ia memperoleh oksigen dengan cara membeli ke tempat pengisian oksigen. Selain itu, ia turut meminjamkan beberapa tabung oksigen miliknya kepada warga yang membutuhkan.

Keputusannya untuk menyalurkan oksigen gratis dan meminjamkan tabung oksigen di masa pandemi Covid-19 salah satu alasannya karena berempati terhadap mereka yang terpapar Covid-19.

Apalagi, ia sering melihat antrean warga yang ingin membeli oksigen. Situasi itu membuat hatinya terenyuh.

Ia menganggap bantuan yang dilakukan sebagai lambang solidaritas warga membantu warga lainnya dengan harapan masyarakat lain dapat melakukan hal serupa.

"Pergerakan ini simbol mengetuk orang lain yang mampu agar jika ini gerakan dilakukan banyak orang akan lebih ringan," ujarnya saat ditemui Republika belum lama ini.

Hendra yang sehari-hari bergerak di bidang tata udara mengatakan saat ini banyak masyarakat yang membutuhkan oksigen, di antaranya pasien yang sehari-hari membutuhkan oksigen akibat penyakit yang dialami seperti paru. Selanjutnya pasien yang hendak melahirkan dan akan dioperasi dan terakhir pasien Covid-19.

"Yang ikut terdampak nomor satu karena biasa gampang sekarang nyari oksigen susah yang di rumah saturasi menurun," katanya.

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Sungai-sungai di Cimahi Berwarna Hitam, Ini Penampakannya

Selasa, 14 September 2021 | 16:37 WIB
X