Proyek Underpass Sriwijaya Cimahi Telan Biaya Rp84 Miliar

- Senin, 26 Juli 2021 | 11:55 WIB
Rekayasa lalu lintas di kawasan Jalan Sriwijaya Kota Cimahi.
Rekayasa lalu lintas di kawasan Jalan Sriwijaya Kota Cimahi.

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Kemacetan di kawasan Jalan Sriwijaya dan Jalan Dustira, Kota Cimahi diharap terurai dengan terealisasinya pembangunan Underpass Sriwijaya

Underpass tersebut nantinya akan menghubungkan Jalan Dustira dengan Jalan Sriwijaya Raya yang saat ini kerap mengalami kemacetan lantaran over capacity. Ditambah adanya perlintasan kereta api sebidang yang membuat penumpukan kendaraan kian parah.

Kepala Seksi Peningkatan Jalan dan Jembatan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Cimahi Mase Wardana mengatakan, pembangunan proyek itu telah dimulai sejak Sabtu, 24 Juli 2021. 

Underpass Sriwijaya memiliki panjang 600 meter, lebar badan jalan serta trotoar mencapai 9 meter, dan tingginya mencapai 5,2 meter. Kontraktor PT Nindya Karya (Persero) menjadi pemenang tender untuk menggarap pembuatan Underpass Sriwijaya dengan nilai proyek sekitar Rp84 miliar. 

"Untuk target 100%, kalau enggak ada kendala selama pelaksanaan kita optimis bisa rampung akhir tahun ini," katanya, Senin 26 Juli 2021. 

Pihaknya menyebut alat berat untuk pembangunan underpass diperkirakan mulai masuk pada 27 Juli 2021 mendatang. Sebelumnya, Dinas PUPR Kota Cimahi telah berkoordinasi dengan PT KAI sebagai pemilik lahan bangunan yang terdampak. 

"Untuk bangunan terdampak kita sudah kerja sama dengan  PT KAI sebagai pemilik bangunannya. Sekarang sedang dilakukan rekayasa arus lalu lintas dulu," ujarnya. 

Sebelumnya rencana pembangunan underpass tersebut sempat terhambat beberapa kali karena ketersediaan anggaran. Belum lagi pada 2020 lalu, anggaran di Pemerintah Provinsi Jawa Barat terkena refocusing untuk penanganan Covid-19. 

"Sempat tertunda beberapa kali, tapi sekarang alhamdulillah jadi. Anggaran yang digunakan untuk membuat underpass bersumber dari bantuan Pemprov Jabar melalui skema Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahun 2021. Ditargetkan rampung tahun ini," kata Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana beberapa waktu lalu. 

Halaman:

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Siswa Belum Vaksin di Cimahi Dilarang Ikut PTM

Senin, 25 Oktober 2021 | 18:54 WIB

Cara Buat Kartu Kuning AK1 untuk Pencari Kerja

Minggu, 24 Oktober 2021 | 11:00 WIB
X