Ribuan Siswa SD dan SMP di Cimahi Bakal Divaksin

- Kamis, 15 Juli 2021 | 17:20 WIB
[Ilustrasi] Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada siswa SMP.
[Ilustrasi] Tenaga kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada siswa SMP.

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Ribuan siswa SD dan SMP atau anak berusia 12-17 tahun di Kota Cimahi bakal menjalani vaksinasi tahap pertama pekan depan. Merujuk Data Pokok Pendidikan (Dapodik), vaksinasi anak itu akan menyasar sekitar 34.682 siswa.

"Tapi jumlah tersebut masih bisa berubah. Baik berkurang atau bertambah. Memang kalau data awal segitu," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Harjono, Kamis 15 Juli 2021. 

Jumlah tersebut, kata Harjono, dihimpun dari semua sekolah SD dan SMP negeri maupun swasta hingga Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Kota Cimahi yang memang berusia 12-17 tahun. 

"Kecuali yang anak SMP yang sudah lulus itu gak masuk hitungan sementara. Kemudian anak kelas 6 SD yang baru lulus juga kan belum tentu sekolah di Cimahi lagi," ungkap Harjono. 

Untuk anak sekolah jenjang SMA/SMK sederajat, ujar dia, pihaknya akan berkoordinasi dengan Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII. Sebab, untuk jenjang SMA/SMK menjadi kewenangan Pemprov Jabar. 

Rencananya, lanjut Harjono, pihaknya akan memulai vaksinasi COVID-19 untuk siswa berusia 12-17 tahun pekan depan. Namun pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Cimahi terlebih dahulu. 

Untuk lokasi vaksin asinya, kemungkinan akan dilaksanakan di sekolah masing-masing. Namun untuk teknisnya akan dibahas lebih lanjut. "Targetnya minggu depan tapi kita lihat tenaga kesehatan. Mana yang akan didahulukan karena angkanya besar juga," pungkasnya. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, drg. Pratiwi mengatakan, pihaknya berencana memulai vaksin COVID-19 usai lebaran. Namun itupun tergantung dari kesiapan tenaga kesehatan yang bertugas sebagai vaksinator. 

"Rencananya sesudah lebaran. Tapi kita juga harus melihat tenaga kesehatan. Karena kan vaksin di Puskesmas kemudian yang gebyar juga masih berjalan," jelas Pratiwi.

Halaman:

Editor: Eneng Reni Nuraisyah Jamil

Tags

Terkini

Banjir Terjang Kota Cimahi, Arus Lalu Lintas Macet

Selasa, 4 Oktober 2022 | 17:39 WIB

Kejari Cimahi Musnahkan Ribuan Gram Barang Bukti Narkoba

Kamis, 22 September 2022 | 17:06 WIB

380 Warga Kota Cimahi Terjangkit Deman Berdarah Dengue

Selasa, 20 September 2022 | 19:40 WIB
X