Sejumlah Sekolah Dasar Negeri di Cimahi Sepi Peminat

- Selasa, 13 Juli 2021 | 18:45 WIB
Ilustrasi pembelajaran tatap muka (PTM) di masa pandemi Covid-19.
Ilustrasi pembelajaran tatap muka (PTM) di masa pandemi Covid-19.

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM  — Jumlah pendaftaran siswa di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kota Cimahi pada masa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menurun.

Kondisi itu terjadi di beberapa SD, seperti di SDN Cireundeu, SDN Cibabat Mandiri 2, dan SDN Baros 

Berdasarkan catatan Dinas Pendidikan Kota Cimahi, hanya ada 13 orang yang mendaftar di masa PPDB untuk SDN Cireundeu. SDN Cibabat Mandiri 2, dari target 3 kelas hanya cukup 2 kelas. Kemudian SDN Baros Mandiri 4 yang biasanya terisi 4 kelas pendaftarnya hanya cukup 2 kelas.

"Cireundeu itu memang cuma 13, dari syarat minimal 20," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Harjono Kota Cimahi, Harjono, Selasa 13 Juli 2021.

Untuk menambah kekurangan tersebut, kata Harjono, rencananya pihaknya akan melakukan re-retribusi siswa dari sekolah yang jumlah pendaftarnya melebihi target. Sebab, kata dia, ada juga sekolah yang memang pendaftarnya membludak.

"Menurut Permendikbud Nomor 1 2021 Dinas Pendidikan mempunyai kewenangan untuk mengatur itu. Ketika ada kuota di satu sekolah berlebih sementara sekolah lain kosong itu bisa digeser," jelas Harjono.

Sementara itu, Kepala SDN Cireundeu, Asep Homas Suhendar  mengatakan minimnya anak yang mendaftar tahun ini dikarenakan sedikitnya anak usia sekolah di RW 10 Kelurahan Leuwigajah. Bukan karena orang tua yang menunda anaknya untuk melanjutkan sekolah.

Untuk memenuhi jumlah kuota siswa tersebut, pihaknya akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Cimahi untuk memperluas zonasi. Sebab selama ini berdasarkan zona terdekat hanya RW 10 saja yang mendaftar

"Ada yang kebetulan RW 09 deket, kalau diukur jarak lebih deket ke Cireundeu. Kebanyakan kan Kihapit. Rencana saya begitu (perluas zonasi)," ujarnya. [*]

Halaman:

Editor: Aris Abdulsalam

Tags

Terkini

Disdik Cimahi Pastikan PTM Tak Picu Klaster Baru 

Jumat, 24 September 2021 | 19:06 WIB

Bahaya Mengancam Warga Cimahi selain Covid-19

Kamis, 23 September 2021 | 18:40 WIB

Sungai-sungai di Cimahi Berwarna Hitam, Ini Penampakannya

Selasa, 14 September 2021 | 16:37 WIB
X