53 Warga Isoman di Cimahi Meninggal, Dewan: karena Fasilitas Kesehatan Overload

- Senin, 12 Juli 2021 | 14:52 WIB
Sejumlah petugas memakamkan jenazah dengan protokol Covid-19.
Sejumlah petugas memakamkan jenazah dengan protokol Covid-19.

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM -- Sebanyak 53 warga Kota Cimahi dilaporkan meninggal dunia dalam dua pekan terakhir. Jumlah itu tersebar di 3 kecamatan yaitu Kecamatan Cimahi Utara sebanyak 17 orang, Cimahi Selatan 22 orang, dan Cimahi Tengah 14 orang. 

Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi Ayis Lavilianto mengatakan, banyaknya warga Cimahi meninggal dunia disebabkan fasilitas kesehatan overload. Sehingga rumah sakit dan puskesmas tidak sanggup lagi merawat pasien positif. 

Fasilitas kesehatan overload ini juga membuat pengawasan bagi warga isolasi mandiri kendor. Pasalnya, tenaga kesehatan yang ada lebih fokus merawat pasien di rumah sakit dan puskesmas. 

"Fasilitas kesehatan sudah overload. Akibatnya, rumah sakit dan puskesmas tidak sanggup lagi merawat pasien positif termasuk yang sedang isolasi mandiri," kata Ayis saat dihubungi, Senin 12 Juli 2021. 

Menurut Ayi, fasilitas kesehatan yang penuh berdampak pada sejumlah nakes ikut terpapar Covid-19. Imbasnya, sumber daya manusia yang bertugas mengawasi pasien isolasi mandiri ikut kendor. Kondisi ini diperparah dengan kelangkaan oksigen di pasaran. 

"Masyarakat isoman harus nyari oksigen sendiri. Rata-rata tidak tertolongnya di situ. Terus pemantauan dari puskesmas kurang maksimal akibat kekurangan nakes karena banyak terpapar," jelas Ayis. 

Komisi IV telah mendorong pimpinan DPRD untuk melayangkan surat kepada Pemkot Cimahi, Pemprov Jabar, dan Pemerintah Pusat untuk mengendalikan pasokan oksigen. Selain itu, Dewan minta anggaran dinas kesehatan segera ditambah. 

"Kita kemarin sudah bikin surat rekomendasi kepada pimpinan dewan agar mengirim surat ke Plt Wali kota, Pemprov Jabar, dan Pemerintah Pusat agar segera menangani kelangkaan oksigen. Selain itu, kita memberi rekomendasi agar Dinkes diberikan tambahan anggaran untuk membeli obat-obatan yang semakin langka," ujarnya. 

Editor: Fira Nursyabani

Tags

Terkini

Sungai-sungai di Cimahi Berwarna Hitam, Ini Penampakannya

Selasa, 14 September 2021 | 16:37 WIB
X