Oksigen di RSUD Cibabat Cimahi Belum Penuhi Kebutuhan Pasien Covid-19

- Jumat, 9 Juli 2021 | 12:32 WIB
Petugas melakukan sterilisasi fasilitas kesehatan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat, Jalan Jend. H. Amir Machmud, Kota Cimahi, Rabu 30 Juni 2021.
Petugas melakukan sterilisasi fasilitas kesehatan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat, Jalan Jend. H. Amir Machmud, Kota Cimahi, Rabu 30 Juni 2021.

CIMAHI, AYOBANDUNG.COM--Pasokan oksigen yang diterima Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat Kota Cimahi belum bisa memenuhi kebutuhan seluruh pasien. 

Stok oksigen yang diterima sebanyak 900.000 liter per hari, hanya cukup untuk 33 pasien. Adapun, pasien yang dirawat dan membutuhkan oksigen mencapai 38 orang. Artinya, 5 pasien sisanya harus berbagi oksigen. 

"Sekarang ada 38 pasien, itu berarti 5 saling berbagi. Sebenarnya kita nampung banyak tapi oksigen hanya cukup untuk 33 pasien," kata Direktur Utama RSUD Cibabat, Sukwanto Gamalyono kepada wartawan, Jumat 9 Juli 2021. 

Dengan kondisi tersebut, pihaknya memutuskan untuk menunda sementara penerimaan pasien Covid-19 dengan gejala berat dan membutuhkan asupan oksigen. Bila hal tersebut dipaksakan akan sangat berisiko bagi pasien lainnya. 

Idealnya, terang Gamal, dalam sehari itu kebutuhan oksigen di RSUD Cibabat mencapai 3 juta liter dengan asumsi semua tempat tidur terisi. 

"Dalam kondisi sampai saat ini kita hitungannya jam bukan hari. Setiap 5 jam itu kita habis," kata Gamal.

Dia melanjutkan, terbatasnya oksigen medis itupun memaksa pihaknya tak melayani pasien Covid-19 di instalasi gawat darurat (IGD). Ruang tersebut kini sudah dibuka dan hanya menerima pasien bukan Covid-19.

Meskpun kenyataannya, kata dia, ternyata sekitar 80% yang datang ke IGD adalah pasien yang terinfeksi Covid-19. Hanya pasien yang sifatnya urgent yang dilayani. Sementara yang tidak memiliki gejala diarahkan untuk isolasi mandiri.

"Untuk IGD mulai dibuka, kita melayani bukan Covid-19 tanpa ketergantungan oksigen. Kita sudah siap dengan ruangan, SDM walau terbatas tetapi krisis oksigen," tuturnya.

Halaman:

Editor: Adi Ginanjar Maulana

Tags

Terkini

Siswa Belum Vaksin di Cimahi Dilarang Ikut PTM

Senin, 25 Oktober 2021 | 18:54 WIB

Cara Buat Kartu Kuning AK1 untuk Pencari Kerja

Minggu, 24 Oktober 2021 | 11:00 WIB
X